Kenali Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Mulut
Ilustrasi Bau Mulut (Foto: Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Bau mulut merupakan salah satu permasalahan yang cukup mengganggu, baik untuk orang lain ataupun diri sendiri. Namun kini Anda tak perlu risau lagi, sebab ada banyak cara menghilangkan bau mulut yang bisa Anda coba agar nafas menjadi lebih segar.

Sebelum itu, penting bagi untuk mengetahui bahwa ada beberapa penyebab bau mulut. Yang mana bau mulut bisa disebabkan karena makanan yang dikonsumsi, kurang menjaga kebersihan mulut, gaya hidup yang tidak sehat dan berbagai kondisi lainnya.

Nah, berikut merupakan beberapa tips yang bisa Anda terapkan sebagai cara agar mulut tidak bau lagi dan nafas menjadi segar.

Cara Menghilangkan Bau Mulut

Meski tidak terlihat, bau mulut akan sangat mempengaruhi kepercayaan diri seseorang. Nah, bagi Anda yang sedang mengalami kondisi ini lakukan beberapa cara berikut ini untuk menghilangkan bau mulut.

1. Hindari Makanan Penyebab Bau Mulut

Menghindari makan penyebab bau mulut merupakan cara pertama yang bisa Anda lakukan. Beberapa makanan penyebab bau mulut tersebut umumnya memiliki senyawa yang jika melewati proses pencernaan akan menghasilkan sulfur dan mengakibatkan bau mulut.

Jadi, ada baiknya untuk menghindari makanan yang mampu memicu terjadinya bau mulut. Cara menghilangkan bau mulut akibat makanan juga bisa Anda lakukan dengan menyikat gigi serta berkumur-kumur tepat setelah mengonsumsinya.

2. Rutin Minum Air Putih

Mulut yang kering dalam jangka waktu lama juga bisa menyebabkan aroma mulut menjadi tidak sedap. Hal ini biasanya disebabkan karena produksi air liur sedikit dan kurang asupan cairan.

Anda bisa mengatasinya dengan rutin minum air putih minimal 2 liter setiap hari. Selain minum air putih, Anda juga bisa membilas rongga mulut dari sisa-sisa makanan yang bisa menjadi penyebab bau mulut.

3. Berhenti Merokok

Orang merokok umumnya memiliki nafas yang beraroma kuat dan mengakibatkan bau mulut. Selain itu, merokok juga bisa menyebabkan penyakit gusi yang menjadi penyebab mulut beraroma tidak sedap.

Untuk mengatasinya langkah tepat yang bisa dilakukan adalah berhenti merokok. Selain menghilangkan bau mulut berhenti merokok juga membuat tubuh jadi lebih sehat.

4. Flossing Gigi

Flossing merupakan prosedur menghilangkan bau dengan membersihkan sela gigi dari sisa makanan menggunakan benang khusus. Namun cara menghilangkan bau mulut ini harus dilakukan dengan hati-hati. Hindari menggesekkan benang terlalu keras, sebab hal ini akan menyebabkan gusi menjadi berdarah.

5. Sikat Lidah

Selain di sela-sela gigi, sisa makanan juga bisa memenuhi lidah. Hal ini bisa menjadi sarang bakteri yang mengakibatkan bau mulut. Untuk itu, ada baiknya bersihkan lidah secara rutin dengan cara menyikatnya. Anda bisa menyikat lidah menggunakan scraper untuk khusus lidah.

6. Sikat Gigi dengan Rutin

Cara menghilangkan bau mulut yang terakhir adalah dengan menyikat gigi secara rutin. Rongga mulut yang bersih dan sehat akan terhindar dari berbagai masalah kesehatan pada organ tubuh tersebut. Tak terkecuali masalah bau mulut tidak sedap. Sikat gigi juga merupakan cara paling sederhana untuk menjaga kebersihan dan kesehatan rongga mulut.

Nah, Anda bisa menggunakan pasta gigi CloseUp Ever Fresh untuk membantu menjaga nafas agar segar setiap saat. Pasta gigi ini mengandung formula anti-bacterial mouthwash yang mampu memerangi 99% kuman.

Tak hanya itu saja, pasta gigi ini juga mampu memberikan kesegaran nafas hingga 12 jam. Jadi, rutin menyikat gigi menggunakan CloseUp Ever Fresh untuk menjaga kesegaran nafas sepanjang hari.

Nah, cara menghilangkan bau mulut di atas akan mengembalikan kepercayaan diri Anda dengan menghilangkan aroma tidak sedap pada mulut.