Meski Nggak Pakai Parfum, Begini 6 Cara Tetap Wangi Sepanjang Hari
Ilustrasi cara tetap wangi sepanjang hari nggak pakai parfum (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Pergi seharian penting mempertimbangkan bagaimana Anda tetap tampil wangi sepanjang hari. Tubuh tidak bau apek atau kecut, tentu akan membuat orang sekitar Anda tidak terganggu bahkan membuat mereka terkesan. Bagi Anda yang ingin tampil wangi atau sekedar tampil sehat dan alami tanpa parfum, bisa mengikuti cara berikut ini.

1. Mandi dan bersihkan bagian tubuh tertentu secara tepat

Aroma tubuh sangat berkaitan dengan kebersihan. Namun genetika dan makanan yang Anda makan bisa memengaruhi bau tubuh. Untuk faktor genetika, mungkin perlu melakukan aktivitas tertentu untuk mengurangi bau badan, misalnya lebih sering mandi atau memakai pakaian dengan bahan yang mendukung kulit bernapas baik. Sedangkan faktor makanan, bisa membatasi konsumsi brokoli, bawang putih, dan ikan untuk mengurangi bau badan. Namun di samping kedua hal ini, penting tetap mengontrol kebersihan tubuh.

Seberapa sering Anda harus mandi, tergantung pada jenis kulit, aktivitas, dan preferensi Anda. Setidaknya, mandilah sekali sehari dan fokus membersihkan badian tubuh yang memiliki kelenjar keringat paling banyak, seperti ketiak, pangkal paha, dan pantat.

cara tetap wangi sepanjang hari nggak pakai parfum
Ilustrasi cara tetap wangi sepanjang hari nggak pakai parfum (Freepik)

2. Pakai deodoran dan antiperspiran

Memakai deodoran dan antiperspiran termasuk cara menjaga kebersihan tubuh agar tetap berbau sedap. Untuk hari-hari yang penuh keringat, penting memakainya. Bisa juga memakai bedak talk untuk mencegah kulit bergesekan, bisa dikenakan pada bawah payudara atau di antara paha yang rentan bergesekan. Selain itu, melansir Healthline, Rabu, 27 Desember, hindari memakai pakaian berbahan polyester yang menurut penelitian dapat menampung keringat dan bakteri sehingga menimbulkan bau tak sedap.

3. Perhatikan kebersihan rambut

American Academy of Dermatology merekomendasikan memakai sampo untuk kulit kepala dan membersihkan area tersebut sebelum rambut berbau. Keramas yang baik akan menghilangkan kotoran dan minyak dari kulit kepala.

4. Kontrol bau napas

Kebersihan mulut yang buruk adalah penyebab paling umum bau mulut. Namun meski sudah melakukan perawatan gigi dengan baik, bau mulut sesekali masih dapat muncul. Tipsnya, jaga kebersihan dan kesehatan gigi dengan sikat gigi dua kali sehari selama dua menit setiap kalinya. Gunakan benang gigi sekali sehari untuk menghilangkan partikel makanan yang tersaangkut di sela-sela gigi.

cara tetap wangi sepanjang hari nggak pakai parfum
Ilustrasi cara tetap wangi sepanjang hari nggak pakai parfum (Freepik/Drazen Zigic)

Setelah makan makanan tertentu, seperti bawang putih, bawang bombay, dan tuna, sikatlah gigi. Selain itu, minum banyak air untuk menghindari mulut kering yang menyebabkan bau mulut. Bisa juga dengan mengunyah permen mint atau obat kumur.

5. Memakai sabun tanpa aroma

Ada produk sabun yang bersih namun tidak beraroma. Sabun tanpa pewangi juga bisa membantu kalau Anda tidak suka memakai parfum. Pertimbangkan untuk membilas seluruh bagian yang paling banyak mengeluarkan keringat, seperti ketiak, selangkangan, bokong, dan bahkan kaki.

6. Memakai pakaian bersih

Memakai pakaian bersih termasuk cara mengurangi bau badan. Mencuci pakaian secara teratur adalah cara terbaik untuk menjaganya tetap segar. Ada sejumlah penguat wewangian yang tersedia yang dapat ditambahkan ke cucian untuk meningkatkan aroma segar dari cucian.

Itulah cara untuk tetap wangi sepanjang hari atau setidaknya tidak bau badan. Apabila Anda memakai parfum atau cologne, oleskan pada titik-titik nadi, seperti bagian belakang leher, lekukan siku, pergelangan tangan, punggung, dan belakang lutut. Ini akan memungkinkan aromanya bercampur secara alami dengan kimia tubuh Anda. Saat tubuh Anda memanas, aromanya akan diaktifkan dan dikeluarkan. Tahan keinginan untuk menggosokkan wewangian ke kulit.