Bagikan:

JAKARTA - Karat adalah salah satu masalah yang lazim terjadi pada berbagai benda dan peralatan di rumah. Namun, karat bisa dihilangkan selama Anda mengambil langkah tepat menghilangkan karat. Karat adalah nama umum untuk jenis korosi sangat spesifik yang memengaruhi besi dan paduannya, kata Hubert Miles, inspektur bersertifikat dan pemilik Home Inspection Insider, dikutip dari House Beautiful, Kamis, 18 Juli. Dalam paparan uap air dan oksigen, besi bereaksi untuk membentuk zat coklat kemerahan rapuh yang disebut karat.

Benda yang berkarat tentu merusak pemandangan. Jika Anda bingung bagaimana cara menghilangkan karat, coba gunakan cuka putih. Berikut langkah tepat anti repot membersihkan karat.

Bahan dan alat yang dibutuhkan

Gelas besar atau mangkuk plastik

Botol semprot (opsional)

Kain mikrofiber

Sikat berbulu halus atau sikat gigi bekas

Cuka putih sulingan

Cara menghilangkan

1. Rendam benda dalam cuka

Rendam benda berkarat ke dalam cuka putih suling murni. Jika barang tersebut berukuran besar atau memiliki komponen listrik, semprotkan cuka sebanyak-banyaknya pada area yang berkarat atau letakkan kain yang dibasahi cuka pada area berkarat.

2. Biarkan terendam selama beberapa saat

Biarkan benda tersebut terendam dalam cuka setidaknya selama 30 menit. Periksa progres secara berkala. Karat dalam jumlah banyak memerlukan perendaman lebih lama, hingga dua jam.

3. Gosok permukaan berkarat

Keluarkan benda tersebut dari cuka dan gunakan sikat berbulu lembut untuk menggosok bagian yang berkarat dengan lembut. Sikat gigi bekas cocok untuk potongan dengan ukiran detail atau sudut dan celah kecil.

4. Bilas dan keringkan

Bilas logam dengan air dan keringkan secara menyeluruh dengan kain mikrofiber lembut. Ulangi prosesnya atau coba pembersih lain jika masih ada karat.

Hilangkan Karat dengan Pasta Jus Lemon

Karat juga bisa dihilangkan dengan pasta sederhana yang terbuat dari jus lemon dan boraks cucian atau soda kue.

1. Buat pasta

Campurkan dua bagian boraks cucian atau soda kue dan satu bagian jus lemon dalam mangkuk kecil untuk membentuk pasta. Pasta harus mudah dioleskan tetapi tidak terlalu encer. Anda mungkin perlu menyesuaikan proporsi bahannya.

2. Oleskan pasta 

Gunakan spons untuk mengoleskan pasta secara tebal ke area berkarat. Diamkan pasta setidaknya selama 30 menit. Jika pasta mulai mengering, percikkan dengan air untuk melembabkannya.

3. Gosok area berkarat

Gunakan sikat untuk menghilangkan karat dari logam. Jika masih ada karat, ulangi langkahnya.

4. Bilas dan keringkan

Bilas barang dengan baik dan keringkan sepenuhnya sebelum digunakan atau dikembalikan ke tempat penyimpanan.

Tips Tambahan Menghilangkan Karat

  • Jika karat tidak terlalu parah, coba oleskan saus tomat pada area tersebut. Diamkan setidaknya selama dua jam, lalu bersihkan. Ulangi jika diperlukan.
  • Cuka pembersih 20 persen lebih kuat dibandingkan cuka putih sulingan dan akan menghasilkan penghilangan karat yang lebih baik dan cepat.
  • Untuk menghilangkan noda air berkarat pada peralatan dapur, remukkan bola aluminium foil dan gosokkan dengan cepat ke area tersebut. Terus pindahkan ke bagian foil yang bersih saat karat berpindah.
  • Jika Anda memiliki noda berkarat pada pisau dapur, masukkan ke dalam kentang dan diamkan selama beberapa jam. Saat Anda mengeluarkan pisau dari kentang, karatnya akan langsung hilang. Buang kentangnya.
  • Cobalah penghilang karat komersial yang kuat untuk menghilangkan karat membandel. Temukan barang-barang ini di pusat perangkat keras dan perbaikan rumah. Bahan kimia ini mungkin lebih efektif untuk kasus karat yang ekstrem dibandingkan pengobatan rumahan.