Bagikan:

YOGYAKARTA – Dalam artikel ini akan dibahas cara menghilangkan bekas gosong pada wajan anti lengket.

Wajan anti lengket merupakan peralatan memasak yang dapat mempermudah proses mengolah bahan makan di dapur. Peralatan masak ini dapat mencegah berbagai makanan yang digoreng menempel pada wajan.

Meski memiliki sifat anti lengket, tidak jarang seseorang melakukan kesalahan ketika menggoreng makanan dan membuat wajan gosong.

Jika sudah demikian, wajan anti lengket harus dibersihkan agar noda gosong tidak mengganggu proses memasak. Akan tetapi, wajan anti lengket tidak boleh dibersihkan secara asal-asalan. Terlalu keras menggosok noda gosong di bagian permukaan bisa merusak lapisan anti lengket pada wajan. Lapisan anti lengket yang dimaksud adalah polytetrafluoroethylene.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan bekas gosong pada wajan anti lengket? Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

Cara Menghilangkan Bekas Gosong pada Wajan Anti Lengket

Dirangkum dari berbagai sumber, Senin, 20 Mei 2024, berikut ini adalah cara menghilangkan bekas gosong pada wajan anti lengket.

1. Gunakan air sabun hangat

Caranya, diamkan wajan anti lengket hingga mencapai suhu ruangan. Selanjutnya, rendam wajah tersebut dengan air hangat yang sudah ditambahkan sabun cuci piring. Diamkan wajan anti lengket kurang lebih selama 20 menit.

Penggunaan sabun air hangat bisa memudahkan pengangkatan kerak hitam pada permukaan wajan.

Perlu diingat, jangan gunakan air panas ketika membersihkan noda gosong pada wajan. Sebab, hal ini dapat merusak lapisan polytetrafluoroethylene pada wajan.

2. Gunakan cuka putih

Selain air sabun, cuka putih juga dapat digunakan untuk menghilangkan noda gosong pada wajan anti lengket.

Caranya, masukkan tujuh sendok makan cuka putih pada wajan anti lengket, kemudian didihkan hingga kerak terkelupas. Jika sudah, buang airnya, bilas dengan air hangat dan lap hingga kering.

3. Gunakan baking soda

Berikutnya gunakan baking soda untuk membersihkan noda hitam pada wajan anti lengket. Caranya sangat mudah, oleskan baking soda pada permukaan wajan, lalu tunggu beberapa menit hingga noda kerak terkelupas. Jika sudah, bilas wajan anti lengket dengan air hingga bersih.

4. Oleskan minyak sayur atau minya zaitaun

Jika wajan anti lengket di rumah Anda gosong, coba oleskan minyak sayur atau minyak zaitan untuk menghilangkan noda tersebut,

Setelah dioles minyak, tunggu hingga noda pada wajan anti lengket melunak beberapa menit. Jika sudah, gosok-gosok wajan dengan spons atau lap.

Terakhir, lap wajan anti lengket hingga bersih dan simpan di rak dapur.

5. Gunakan minuman bersoda

Menuang minuman bersoda dapat menghilangkan noda hitam pada permukaan wajan anti lengket. Cara melakukannya sangat mudah, cukup tuang minuman bersoda pada wajan anti lengket, didihkan, lalu goyang-goyang hingga noda gosong terkelupas. Selanjutnya, bilas dan keringkan wajan dengan lap.

Demikian informasi tentang cara menghilangkan bekas gosong pada wajan anti lengket. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.