Agar Awet Digunakan, Perhatikan Cara Merawat Peralatan Masak Anti Lengket Berikut
Ilustrasi (Klaus Nielsen/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Peralatan masak anti lengket merupakan benda yang hampir tiap hari digunakan untuk memasak. Karena itu, perlu perhatian dan perawatan khusus agar penggunaan peralatan masak anti lengket ini bisa bertahan lama.

Jika digunakan secara sembarangan, lapisan mengkilap di atas permukaannya bisa terkikis dan tergores sehingga membuat anti lengketnya jadi tidak berfungsi dengan baik. 

Kalau sebagian besar peralatan masak di rumah Anda berjenis anti lengket. Maka artikel ini bisa Anda simak sampai habis untuk mengetahui cara merawat peralatan tersebut dengan benar.

Pilih spatula yang tepat

Penggunaan wajan rasanya tak lengkap tanpa spatula. Ada empat bahan spatula yang biasa digunakan yakni kayu, silikon, nylon dan paling sering digunakan yaitu stainless steel. Melansir Southern Living, Senin, 28 November, spatula berbahan kayu, silikon, dan nylon wajib digunakan untuk wajan anti lengket

Pasalnya, peralatan masak dari stainless steel akan menggores lapisan anti lengket. Selain itu, serpihan goresan wajan pun bisa menempel pada masakan. Jika sudah begini, wajan Anda kehilangan fungsi anti lengketnya dan membuat masakan cepat hangus.

Hindari suhu masak yang tinggi

Peralatan masak anti lengket dibuat untuk digunakan di atas api sedang. Suhu terlalu panas mengakibatkan lapisan luar badan panci terkelupas. Jika Anda ingin menggunakan suhu tinggi, coba cari peralatan masak anti lengket berbahan alumunium. Sebab bahan tersebut lebih tahan terhadap suhu yang lebih tingg. Namun, ketahanan panci anti lengket bisa menurun seiring waktu jika Anda terus menerus memasak dengan suhu tinggi.

Waspadai bahan tertentu

Selain suhu, hindari penggunaan bahan mengandung asam tinggi seperti tomat, limau, atau lemon pada peralatan masak anti lengket. Bahan makanan dengan kandungan zat asam tinggi dapat menyebabkan lapisan anti lengket rusak. Bahan lain yang harus dihindari adalah minyak goreng yang memiliki titik asap rendah. Ini karena minyak dengan titik asap rendah, seperti minyak zaitun, dapat membakar dan merusak permukaan peralatan masak. Jenis minyak yang lebih baik adalah minyak goreng dengan titik asap tinggi, seperti canola, alpukat, atau kelapa.

Perhatikan cara mencuci

Mesin pencuci piring memang memudahkan namun ini tak cocok digunakan untuk mencuci alat masak anti lengket. Panas yang tinggi dan tekanan air yang kuat, dapat memisahkan lapisan anti lengket dari panci dan menyebabkan pengelupasan. 

Cara terbaik adalah selalu mencuci alat masak Anda dengan tangan. Dan biarkan alat masak dingin terlebih dahulu baru dicuci. Memasukkan air dingin ke dalam panci panas dapat menyebabkan bengkok. Gunakan spons lembut untuk membersihkan dan hindari menggosok permukaan antilengket dengan bahan abrasif serta keringkan dengan kain.

Jika wajan anti lengket memiliki banyak endapan gosong, gunakan soda kue untuk menghilangkannya. Caranya, campurkan satu sendok teh soda kue dengan air secukupnya untuk membentuk pasta. Kemudian, ambil spons lembut, dan gosok endapan gosong dan residu sampai hilang.

Simpan peralatan masak anti lengket dengan benar

Cara menyimpan peralatan masak anti lengket juga berperan penting membuatnya tetap awet.  Letakkan pelapis rak atau handuk di atas permukaan anti lengket jika Anda akan menumpuk peralatan masak lain di atasnya. Hal ini akan melindungi lapisan antilengket agar tidak tergores oleh bagian bawah panci dan wajan lainnya. Anda juga dapat menyimpan panci anti lengket dengan cara digantung.