Bagikan:

JAKARTA - Aluminium foil adalah alat di dapur yang memiliki banyak kegunaan. Aluminium foil biasa digunakan untuk membungkus makanan hingga melapisi loyang. Akan tetapi, ada beragam manfaat aluminium foil lainnya selain untuk membungkus makanan. Ada banyak cara kreatif menggunakan foil untuk berbagai kebutuhan, mulai dari pembersihan hingga penyimpanan makanan.

Dikutip dari How Stuff Works, Kamis, 5 September, berikut beberapa manfaat aluminium foil di dapur selain untuk membungkus makanan.

Menggosok panci

Jika panci penuh dengan kerak makanan yang menempel, tetapi Anda tidak memiliki sikat panci. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengambil aluminium foil secukupnya untuk diremas menjadi bola seukuran kepalan tangan, lalu gosok dengan sabun dan air, seperti biasa. Jangan lakukan ini pada semua jenis peralatan masak tembaga, atau yang dilapisi zat anti lengket. Cara ini paling baik digunakan pada panci dan wajan aluminium, baja, atau kaca.

Polesan peralatan makan perak

Poles peralatan makan perak Anda dengan melapisi wadah plastik dengan aluminium foil. Pastikan sisi mengilap menghadap ke atas. Kemudian, masukkan peralatan makan perak ke dalam wadah. Tambahkan seperempat cangkir (60 mililiter) soda pencuci (ini tidak sama dengan soda kue, FYI), serta 1 galon (3,79 liter) air mendidih ke dalam wadah. Aduk campuran tersebut, lalu biarkan peralatan makan perak terendam setidaknya selama 10 hingga 15 menit. Lalu, noda akan langsung menempel dari peralatan makan perak ke aluminium foil!

Atau, coba metode ini: Lapisi wadah atau loyang panggang dengan aluminium foil, lalu isi dengan air dingin. Tambahkan seperempat cangkir (60 mililiter) soda kue dan 2 sendok teh garam kosher ke dalam air dan aduk. Letakkan peralatan makan perak Anda dengan hati-hati dalam larutan, jangan sampai menyentuh atau mengenai sisi wadah. Anda akan melihat gelembung terbentuk. Biarkan terendam selama beberapa menit. Pastikan untuk membilasnya dengan air, lalu keringkan.

Melindungi kebun

Jika Anda senang berkebun di rumah dan benar-benar ingin memakan hasil panennya sendiri, cegah serangga kecil yang mengganggu dengan menambahkan potongan aluminium foil ke dalam mulsa Anda. Ini akan menjauhkan serangga dengan baik sekaligus memantulkan cahaya kembali ke tanaman.

Mengasah Gunting

Jika gunting lama sudah terlalu tumpul untuk digunakan, ada cara mudahmemperbaikinya dengan menggunakan aluminium foil. Sobek selembar aluminium foil. Lipat menjadi empat bagian. Hasilnya akan menjadi empat lapisan aluminium foil. Kemudian, yang harus Anda lakukan adalah memotong aluminium foil berulang kali. Dengan melakukan ini, Anda akan mendapatkan bilah gunting yang tajam dan mengilap.

Melapisi lemari dan laci dapur 

Anda bisa melapisi permukaan lemari dan laci dapur dengan aluminium foil. Selain melindungi ruang penyimpanan dapur dari remah-remah dan tumpahan yang mengganggu, aluminium foil memantulkan cahaya, membuatnya lebih mudah untuk menemukan apa yang Anda butuhkan di sudut lemari yang gelap.

Mempercepat proses penyetrikaan

Terkadang menyetrika itu membosankan. Kurangi waktu menyetrika dengan meletakkan selembar aluminium foil di bawah penutup papan setrika Anda. Ini akan memantulkan panas secara efektif dan membuat kerutan menghilang lebih cepat.

Gunakan sebagai corong

Jika Anda tidak memiliki corong untuk menuangkan bahan makanan ke dalam wadah kecil, cukup buat corong dengan selembar aluminium foil. Kertas aluminium foil yang lumayan tebal bisa Anda manfaatkan sebagai corong.