Bagikan:

JAKARTA - Sehabis memanggang kue, ayam, atau ikan, pekerjaan selanjutnya adalah membersihkan loyang yang digunakan. Adonan atau saus yang menempel dan gosong pada loyang cukup menyebalkan saat mencucinya. Agar tidak menguras tenaga, ikuti beberapa langkah membersihkan loyang kue yang gosong berikut;

  1. Taburkan soda kue dalam jumlah banyak di atas loyang.
  2. Lapisi soda kue dengan hidrogen peroksida.
  3. Taburkan lapisan soda kue lagi di atasnya.
  4. Diamkan panci hingga dua jam (semakin lama panci terendam, semakin banyak sisa panggangan yang akan terlepas).
  5. Kenakan sarung tangan pencuci piring lalu bersihkan panci dengan spons.
  6. Jika ada noda yang tersisa, ulangi lagi proses pembersihan.

Melansir Southern Living, Senin, 7 November, Anda juga bisa menggunakan campuran soda kue-peroksida untuk membersihkan spatula dan peralatan dapur lainnya. Bisa juga untuk membersihkan keran yang sudah berkerak. Selain itu, soda kue sendiri bisa digunakan untuk banyak barang rumah tangga seperti membersihkan pintu oven yang kotor, mencerahkan warna baju, dan membersihkan karpet.

Jika Anda ingin membersihkan loyang tetapi tidak memiliki hidrogen peroksida, Anda bisa menggunakan campuran soda kue dan cuka. Hasilnya mungkin tidak semaksimal menggunakan hidrogen peroksida, tapi soda kue dan cuka juga ampuh membersihkan noda bekas gosong. Campurkan bagian yang sama dari masing-masing untuk membuat pasta, gosok panci Anda dengan spons, dan bilas.

Untuk meminimalisir noda pada loyang, Anda bisa melapisi loyang dengan kertas roti saat Anda memanggang pada suhu hingga 400 derajat celcius. Saat memanggang dengan suhu yang lebih tinggi, pilihlah aluminum foil sebagai pelapis loyang.