Resep Kastengel Lumer di Mulut, Ternyata Sederhana dan Nggak Ribet
Ilustrasi resep kastengel lumer (Freepik/Lamba Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Kue kastangel menjadi sajian favorit masyarakat Indonesia ketika lebaran Hari Raya Idul Fitri dan Natal. Kue dengan rasa gurih ini menjadi cemilan yang pas waktu kumpul keluarga dan teman. Terlebih bagi yang tidak terlalu suka dengan makanan-makanan manis. 

Kue kering kastengel merupakan kue asli Belanda. Di negara berjuluk negeri kincir angin tersebut kastangel disebut “kaastengels” dari kata ‘kaas’ yang artinya keju dan ‘stengels’ artinya batangan. 

Banyak ibu-ibu yang tertarik untuk membuat sendiri kue kastangel di rumah. Resep kastangel lumer di mulut juga tidak terlalu sulit sehingga bisa dibuat dengan mudah. Bahan dan alat untuk membuatnya pun cukup sederhana.

Bahan Resep Kastangel Lumer di Mulut

  • 350 gram tepung terigu protein sedang
  • 50 gram tepung maizena
  • 300 gram mentega
  • 300 gram keju parut
  • 2 butir kuning telur, kocok lepas
  • 2 sdm susu bubuk

Cara Membuat Kue Kastengel Gurih 

Setelah semua bahan disiapkan, langkah selanjutnya adalah mulai mengolahnya. Untuk membuat kue kastangel bercita rasa gurih dan lumer, ada beberapa langkah atau tips khusus, sebagai berikut.

  1. Campurkan tepung terigu, susu bubuk, dan maizena. 
  2. Aduk semuanya hingga merata, lalu sisihkan. .
  3. Kocok mentega memakai mixer sampai teksturnya lembut.
  4. Campurkan keju parut 200 gr ke dalam mentega. Kemudian aduk mengggunakan spatula hingga merata.
  5. Masukkan campuran tepung ke dalam adonan basah, sambil diayak. Lalu aduk sampai merata.
  6. Taruh adonan di atas talenan atau alas yang datar. 
  7. Gilas adonan sampai tipis. Lalu cetak memakai cetakan kastengel.
  8. Susun kue hasil cetakan di atas loyang. Lalu olesi permukaannya dengan kuning telur dan taburi keju sesuai selera.
  9. Panggang kue dalam oven dengan suhu 130° C. Tunggu sampai kue mengering, tampak kuning kecokelatan.

Trik Membuat Kua Kastengel Lumer di Mulut

Perlu perhatian dan tips khusus untuk menghasilkan kue kastengel yang lumer dan renyah di mulut. Ikuti langkah-langkah berikut ini. 

  1. Mentega atau butter yang digunakan harus khusus untuk membuat kue. Tujuannya agar kue yang sudah jadi mempunyai aroma gurih dan cita rasa lezat saat dimakan.
  2. Pilihlah keju keju yang lebih gurih, seperti jenis guoda atau edam yang khas dari Belanda. Keju tersebut memiliki rasa yang gurih seperti rasa keju Eropa berbeda dari keju cheddar.
  3. Kocok mentega secukupnya hingga adonan tampak lebih pucat. Jangan mengocok mentega terlalu lama supaya kue tidak mudah rapuh.
  4. Sebelum dimasukkan ke dalam toples, kue perlu dibiarkan sampai dingin dan mengeras. Gunakan toples yang kedap udara supaya kue tidak lembek dan kerenyahan bisa awet lama.
  5. Saat memanggang kastangel selalu perhatikan panggangan kuenya. Anda perlu mengeceknya setiap lima menit sekali dan jangan ditinggalkan begitu saja, supaya kue tidak gosong.

Itulah resep kastengel lumer di mulut yang bisa anda coba sendiri di rumah. Resepnya cukup sederhana dan nggak rumit kan? Bikin kastengel sendiri juga membuat anda lebih berhemat dibanding membeli jadi di toko. Siapa tahu anda juga bisa membuka bisnis jualan kue kastengel sendiri. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.