Bagikan:

JAKARTA - Oven, salah satu peralatan dapur yang digunakan untuk membuat kue dan hidangan cenderung lebih kotor di beberapa bagian daripada bagian lain. Karena itu, menjaga kebersihan oven perlu dilakukan guna menghindari perpindahan kotoran atau bakteri.

Namun, seberapa sering oven perlu dibersihkan? Ada berbagai faktor yang menentukan seberapa sering harus membersihkan oven, seperti seberapa sering menggunakannya dan jenis makanan yang dimasak di dalamnya. 

Aturan utama membersihkan oven secara menyeluruh yaitu setiap tiga hingga enam bulan sekali. Tentu saja, ini tergantung dari seberapa sering oven digunakan dan apa yang Anda masak. Beberapa orang menggunakan ovennya setiap hari dan perlu membersihkannya lebih sering. Sedangkan bagi mereka yang jarang memasak di rumah, bisa melakukan pembersihan menyeluruh setahun sekali.

Oven dengan kinerja kipas yang efektif dan panci tetes yang dirawat dengan baik memerlukan pembersihan yang lebih jarang. Dibandingkan oven yang tidak memilikinya, kata Jess Farinha, pembersih profesional dan pendiri London House Cleaners disadur dari The Spruce, Jumat, 28 Juni. 

Terlepas dari itu, mudah mengetahui kapan oven perlu dibersihkan melalui tanda berikut;

  • jarak pandang Anda ke rongga oven terhalang residu makanan yang dipanggang
  • ada sisa terbakar di dasar oven bagian dalam
  • rak oven lengket
  • makanan terasa kurang sedap
  • oven mengeluarkan asap saat dipanaskan

Jika Anda suka memasak daging berlemak atau ayam panggang di oven. Makanan tersebut cenderung menghasilkan banyak percikan lemak sehingga menyebabkan oven harus cepat dibersihkan. Hal yang sama berlaku saat memanggang casserole atau pizza. Oven juga perlu dibersihkan segera setelah oven mendingin.

Semakin lama Anda menunda membersihkan oven, maka semakin sulit noda akan terangkat. Namun ada cara memperpanjang waktu antara pembersihan mendalam dan sekaligus menjaga oven Anda tetap bersih.

Berikut cara favorit Farinha melakukannya:

  • Metode uap lemon: Isi mangkuk tahan panas dengan air sabun cuci piring dan irisan lemon. Panaskan pada suhu sekitar 93 derajat Celcius selama setidaknya 30 menit. Uapnya akan mengendurkan kotoran yang terpanggang sehingga akan lebih mudah diseka dengan kain lembap setelahnya.
  • Aluminium foil: Sejajarkan bagian bawah oven dengan aluminium foil tebal dan gantilah secara teratur. Fungsinya menangkap tetesan dan tumpahan serta membuat proses pembersihan lebih mudah.
  • Soda kue: Untuk noda baru, taburkan sedikit soda kue pada noda saat oven masih hangat dan tidak panas. Diamkan selama 15 menit, lalu bersihkan menggunakan kain lap basah. Soda kue dengan mudah akan menyerap minyak dan menetralkan bau.