Bagikan:

YOGYAKARTA - Memiliki anak yang susah makan memang merupakan kesedihan yang begitu mendalam bagi para orang tua. Apa lagi sampai mempengaruhi berat badan si anak, wah rasanya campur aduk deh. Oleh karenanya kali ini kita akan membahas soal berapa lama durasi makan anak.

Anak yang cenderung sulit makan biasanya waktu makannya pun akan lama pula. Hal ini membuat para orang tua untuk memutar otak agar si kecil mau makan. Apalagi ketika anak menginjak masa-masa MPASI biasanya saat itulah saat-saat yang lumayan susah untuk membuat anak mau makan.

MPASI biasanya diberikan kepada bayi yang sudah menginjak usia 6 bulan keatas, untuk makanan penunjang vitamin lain selain dari ASI. Kembali lagi, anak yang susah makan tentunya akan berpengaruh pada durasi, nah kira-kira berapa sih durasi yang ideal itu?

Berapa Lama Durasi Makan Anak?

Kalau menurut ahli gizi Tan Shot Yen, 30 menit merupakan durasi waktu pemberian makan anak kita yang ideal. Dalam waktu itu, rasa kenyang bakal muncul.

"Jadi, mau makannya habis atau enggak habis, itu rasa kenyang sudah muncul," kata Tan, baru-baru ini.

Dalam waktu 30 menit, lanjut Tan, anak pula umumnya sudah malas melihat makanan. Mereka mulai rewel serta tidak betah duduk dengan tenang.

"Jadi 30 menit anaknya sudah enggak betah, dan kita selaku yang nyuapin, kesabaran kita sudah sampai ke puncak kepala," ucap Tan menarangkan.

Yang setelah itu jadi permasalahan yaitu saat si kecil cuma menuntaskan dua suap makan sepanjang 30 menit.

Bila itu yang terjadi, Tan mengajak para ibu buat mengevaluasi menu makan yang diberikan. Misalnya, balita belum berusia 8 ataupun 9 bulan, tetapi makanan telah naik tekstur.

"Nah, ini naik tekstur duluan umumnya terjadi pada ibu yang belajar melalui media sosial. Sementara itu, di buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak), naik tekstur itu di usia 8 hingga 9 bulan," kata Tan.

Tidak hanya itu, bisa jadi pula ukuran sendok yang digunakan buat menyuapi anak terlalu besar. Dengan begitu, anak dapat saja muntah serta menolak makanan.

Ilustrasi anak makan (Gambar hui sang-Unsplash)
Ilustrasi anak makan (Gambar hui sang-Unsplash)

Solusi Agar Anak Mau Makan

I. Berikan Makanan Dengan Aroma yang Lezat

Coba goda indera penciuman anak kalian dengan makanan yang aromanya menggugah selera. Indera penciuman ikut berperan dalam tingkatkan nafsu makan.

II. BerikanAnak Makanan Dalam Porsi Kecil Tetapi Sering

Bila setelah sakit anak nampak susah menghabiskan makanannya, jangan paksa dia buat makan dalam porsi besar. Perihal itu malah bakal buatnya semakin tidak ingin makan. Cobalah untuk makanan anak dalam porsi-porsi kecil, tetapi berikan lebih sering.

III. Sediakan Cemilan Sehat

Selaku selingan, sajikan cemilan sehat yang disukainya. Salah satu cemilan sehat yang dapat jadi pilihan yaitu buah-buahan yang gampang disantap, semacam pisang ataupun salad buah dengan warna-warni yang menarik. Roti isi daging serta keju, roti dengan selai, sereal dengan susu, ataupun biskuit gandum pula dapat jadi opsi cemilan sehat buat anak.

IV. Berikan Makanan yang Disukainya

Supaya anak mau makan, berikan makanan yang dia gemari. Pastikan makanan tersebut memiliki nutrisi penting yang diperlukan badan buat pemulihan.

Kalian bisa memberikannya sup ayam dengan telur serta kentang, selaku asupan protein serta karbohidrat yang merupakan sumber energi. Kalian pula dapat memberinya sayur ataupun buah yang rasanya enak, selaku sumber vitamin serta serat.

Selanjutnya kalian juga perlu membaca: “Anak Tidak Mau Makan Nasi, Apa yang Harus Dilakukan?” agar dapat refrensi buat si buah hati tercinta.

Jadi setelah mengetahui berapa lama durasi makan anak, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!