Aturan Waktu Makan yang Tepat agar Diet Lebih Efektif
Ilustrasi (Cats Coming/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Saat menjalani diet Anda tidak hanya mengontrol asupan porsi makan dan jenis makanan yang masuk dalam tubuh, tapi juga memerhatikan waktu makannya. Waktu makan juga memiliki peran yang sama pentingnya dengan jenis makanan dan porsi makan saat diet. Mengutip laman docprime, Kamis, 25 Februari, hal ini senada dengan pernyataan dari seorang Konsultan Gizi yang berbasis di Mumbai Selatan, Niti Desai. 

“Waktu makan sama pentingnya dengan apa yang kamu makan dan seberapa banyak makanan yang dikonsumsi”, jelas Desai.

Desai juga menyampaikan bahwa untuk mendapatkan berat badan ideal dalam waktu singkat, cobalah untuk membiasakan makan pada waktu yang sama setiap hari.

“Orang cenderung kurang memerhatikan faktor ini, tapi waktu makan yang tidak konsisten setiap hari dapat merusak program penurunan berat badan”, tutupnya.

Nah, agar tidak salah langkah menentukan jadwal makan untuk diet ketat Anda, berikut VOI rangkumkan waktu makan yang tepat agar diet berhasil optimal seperti dilansir dari Times of India.

Waktu makan sarapan

Meski Anda sedang menjalani program diet, jangan pernah sekalipun melewati waktu sarapan. Menu makan sarapan untuk diet sebaiknya yang mengandung protein tinggi. Jadwal makan diet saat sarapan dimulai sekitar pukul 6 pagi hingga sebelum jam 10 pagi. Sarapan di waktu tersebut dapat membantu mengurangi risiko penumpukan lemak di tubuh dan mempertahankan rasa kenyang lebih lama. 

Waktu makan camilan siang

Jika rasa lapar menyerang sebelum waktu makan siang tiba, Anda bisa makan camilan siang terlebih dahulu. Waktu makan camilan untuk diet disarankan sekitar 2 hingga 4 jam setelah sarapan. Jadi, kalau jadwal makan diet ketat sarapan Anda ada di jam 9, Anda bisa mengonsumsi camilan di antara jam 11 hingga jam 1 siang. Buah-buahan seperti alpukat bisa Anda jadikan camilan saat diet. 

Waktu makan siang

Waktu makan siang untuk diet baiknya sebelum jam 3 sore. Studi terhadap 300 pelaku diet yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa orang yang makan siang sebelum sore dapat menurunkan berat badan lebih banyak dibandingkan mereka yang makan siang saat sore hari.

Waktu makan camilan sore

Melakukan program diet bukan berarti Anda diminta untuk mengurangi waktu makan. Justru, waktu makan yang sering dapat mencegah Anda mengonsumsi makanan dalam porsi banyak. Waktu makan camilan sore pun sama seperti waktu makan camilan pagi, yaitu 2 hingga 4 jam setelah waktu makan siang untuk diet. Perbanyak menu makanan diet seperti kacang-kacangan, buah-buahan, dan smoothie. Perbanyak asupan buah dan sayuran mampu mempercepat proses penurunan berat badan.

Waktu makan malam

Jadwal makan malam untuk diet bisa Anda atur sebelum jam 7 malam. Dalam sebuah studi membuktikan kalau orang yang makan sebelum jam 7 mengonsumsi 244 kalori lebih sedikit sehingga proses penurunan berat badan berjalan optimal.

 

Selain itu, konsumsilah menu makan malam untuk diet seperti salad sayur, daging panggang, sup ayam, ikan salmon, tahu dan tempe, serta sayuran seperti cap cay.