Ingin Menurunkan Berat Badan? Coba Menu Makan Malam Ini!
Menu Makan Malam (Brooke Lark/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Makan malam kerap dilewati sebagian orang yang sedang ingin menurunkan berat badan. Padahal, Anda tetap bisa mengonsumsi makanan di waktu tersebut. Hanya saja, jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh perlu diperhatikan pada waktu malam.

Lantas, apa saja menu makan malam yang dapat membantu menurunkan berat badan? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut di antaranya.

Biji-bijian

Mengonsumsi biji-bijian seperti beras merah, quinoa, dan jagung dapat memberikan Anda keunggulan ekstra dalam menurunkan berat badan. Berdasarkan penelitian, biji-bijian mengandung magnesium dan mineral yang berperan penting dalam mengatur metabolisme lemak.

Protein Tanpa Lemak

Anda bisa mengonsumsi protein tanpa lemak sebagai menu makan malam untuk menjaga keseimbangan berat badan. Protein tanpa lemak bisa Anda dapatkan dari daging sapi, ayam, babi, ikan, tahu dan kacang-kacangan. Selain itu, protein tanpa lemak juga bisa membuat Anda kenyang lebih lama daripada karbohidrat dan lemak. 

Selain makanan, Anda juga masih bisa minum susu di malam hari. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition, susu memiliki protein yang dapat membantu mencegah kenaikan berat badan serta membangun massa tubuh tanpa lemak. Jangan lupa, pilih produk susu dengan kandungan rendah lemak serta rendah gula.

Salad Sayur

Bagi Anda yang sedang dalam proses penurunan berat badan, salad hijau dapat membantu mengurangi asupan kalori secara keseluruhan hingga 12 persen. Salad sayur juga mengandung serat tinggi yang sangat baik untuk diet, sebab bisa membuat rasa kenyang lebih lama.

Menurut Penelitian, serat juga dapat mencegah kelebihan berat badan sebab serat bertugas mengikat lemak dan mengeluarkannya lewat kotoran. 

Makanan Penutup

Siapa bilang Anda tidak bisa mengonsumsi makanan penutup meski sedang menjalankan diet? Tentu saja bisa, asalkan pemilihan makanannya tepat. Misalnya, salad buah, kurma, atau yoghurt beku. Makanan-makanan rendah lemak ini bisa mengenyangkan sekaligus membuat Anda lebih sehat.