Lakukan 5 Hal Ini Setiap Pagi untuk Menurunkan Berat Badan Lebih Cepat
Ilustrasi (Andrea Piacquadio/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Kelebihan berat badan bisa terjadi ketika seseorang tidak menjaga pola makan dan pola hidup yang sehat. Sering kali, mereka yang menyadari bahwa berat badannya berlebih, akan melakukan diet ekstrem untuk menurunkan berat badannya. Seperti pantang mengonsumsi makanan tertentu, mengurangi porsi makan, hingga memangkas jumlah makan dalam sehari.

Akibatnya, konsep diet identik dengan penyiksaan tubuh karena tidak memberikan keleluasaan bagi tubuh untuk mengonsumsi makanan apa pun. Dikutip dari Eat This, Not That, Kamis, 16 Februari, ini lima hal yang bisa Anda lakukan setiap pagi untuk menurunkan berat badan tanpa harus diet ekstra. 

Minum segelas air

Menambah jumlah air yang Anda minum setiap hari dapat mendukung upaya penurunan berat badan. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical and Diagnostic Research. Peserta yang minum sekitar dua gelas air 30 menit sebelum sarapan, makan siang, dan makan malam mengalami penurunan berat badan dan mengalami penurunan skor indeks massa tubuh (BMI).

Konsumsi sarapan yang mengandung protein

Memulai sarapan dengan makanan kaya protein seperti telur, yogurt, atau selai kacang akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Plus, itu akan membantu menstabilkan gula darah. Banyak uji klinis telah mengungkapkan bahwa meningkatkan asupan protein atau makan lebih banyak dari kecukupan diet yang disarankan dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Dan meningkatkan komposisi tubuh Anda secara keseluruhan dengan menurunkan massa lemak dan membantu Anda mempertahankan massa bebas lemak.

Konsumsi buah-buahan

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Annals of Internal Medicine menunjukkan bahwa menambah jumlah serat yang Anda konsumsi setiap hari hingga 30 gram. Dapat menurunkan tekanan darah dan membantu menurunkan berat badan. Menambahkan lebih banyak serat di awal hari Anda adalah cara sederhana mendukung penurunan berat badan. Anda bisa tambahkan buah berry ke dalam semangkuk yoghurt atau irisan apel ke dalam oatmeal.

Tambahkan biji-bijian utuh

Tidak semua jenis karbohidrat itu buruk bagi kesehatan. Anda bisa menambahkan biji-bijian ke dalam menu sarapan. Biji-bijian utuh seperti oatmeal atau roti gandum mengandung serat dan nutrisi serta membantu Anda tetap kenyang. 

Jalan kaki setiap pagi

Ini adalah kebiasaan baik untuk dilakukan jika Anda ingin menurunkan berat badan dan memulai hari dengan pikiran yang jernih. Menurunkan berat badan dengan berjalan kaki adalah tambahan yang bagus selain konsumsi makanan sehat. Berjalan dapat membakar kalori, membantu menjaga tulang tetap kuat, dan bagus untuk suasana hati.