Penyebab Bintik Putih pada Lidah, Menurut Pakar: Tanda Kebersihan Mulut Buruk
Ilustrasi penyebab bintik putih pada lidah (Freepik/stefamerpik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Setiap perubahan pada tubuh, tentu disebabkan faktor tertentu. Termasuk ketika muncul bintik putih pada lidah, yang ternyata menandai beberapa hal berkaitan dengan kesehatan mulut ataupun kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Sikat gigi dan flossing merupakan aktivitas pembersihan mulut yang dilakukan secara rutin. Menurut American Dental Association dilansir The Healthy, Jumat, 25 November, jika muncul bintik putih pada lidah bisa menjadi tanda Anda perlu menjadwalkan pemeriksaan ke dokter gigi. Penting untuk dilakukan adalah mengidentifikasi sudah berapa lama mengalaminya. Karena bintik putih pada lidah dalam kondisi yang tidak serius, biasanya akan hilang dengan sendirinya.

Namun, menurut Tricia Quartey-Sagaille, DMD., FAGD., bintik putih bisa berkaitan dengan penyakit menular. Seperti jamur, atau makanan, dan serta iritasi kontak. Saran dokter gigi ini, jika Anda melihat sesuatu yang tidak beres pada mulut, periksakan.

penyebab bintik putih pada lidah
Ilustrasi penyebab bintik putih pada lidah (Freepik/brgfx)

Ketika dokter memeriksa bintik baru atau tidak biasa pada mulut dan lidah, mungkin akan membantu menyingkirkan masalah serius. Paling buruk yang terjadi dan ditandai dengan bercak putih pada lidah adalah kanker mulut.

Beberapa bintik putih mungkin akan hilang dengan pembersihan gigi yang lebih baik di rumah. Dokter gigi Anda dapat memberikan instruksi untuk meningkatkan gerakan menyikat atau flossing. Kebersihan yang baik, tambah Quartey-Sagaille, adalah jawaban dari banyak hal terutama jamur. Nah, menyikat gigi, setidaknya perlu dilakukan selama 2 menit dan flossing setiap hari. Perlu juga obat kumur dan menjalani diet sehat mencakup buah serta sayuran untuk mencegah infeksi mulut.

Pemeriksaan gigi, perlu dilakukan secara rutin, baik ketika Anda merasakan sakit atau tidak. Kalau mengalami kesulitan bicara seiring dengan munculnya bercak putih pada pangkal lidah, seringkali menandai terjadinya infeksi sehingga memerlukan pengobatan.

Bintik putik pada lidah, seringkali dialami setelah tindik lidah. Munculnya juga bisa menandai proses penyembuhan yang normal.

Penyebab lain munculnya bintik putih, adalah karena iritasi. Iritasi bisa dipicu lidah tergigit atau terbakar sehingga menyebabkan bintik putih muncul. Kalau karena penyebab ini, gejalanya akan hilang dengan sendirinya.

Untuk penyebab serius dari gejala bintik putih pada lidah adalah, leukoplakia oral. Kondisi ini terjadi karena kebiasaan merokok. Di samping itu, infeksi juga bisa dikenali lewat hadirnya bintik putih lidah. Seperti infeksi menular seksual, menurut laporan kedokteran gigi di Brasil tahun 2018. Peneliti menyarankan pada semua spesialis dan layanan perawatan kesehatan untuk melengkapi diagnosis, termasuk mendiagnosis sifilis.