5 Cara Menjaga Kebersihan Mulut, Lakukan secara Rutin karena Pengaruhi Kesehatan Keseluruhan
Ilustrasi cara menjaga kebersihan mulut (Freepik/benzoix)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kebersihan mulut tak hanya terkait dengan kesehatan gigi dan gusi. Namun ternyata menurut penelitian gingivitis dan periodontitis dapat memengaruhi kesehatan secara keseluruhan. Termasuk menyebabkan penyakit kardiovaskular, stroke, infeksi lapisan dalam jantung atau endokarditis, radang paru-paru, dan komplikasi kehamilan. Kesehatan gigi dan gusi juga dipengaruhi kondisi kesehatan tertentu seperti diabetes, osteoporosis, HIV/AIDS, dan penyakit Alzheimer.

Dengan menjaga kebersihan mulut, maka Anda telah mengantisipasi faktor penyebab dan risiko dari penyakit tertentu. Cara di bawah ini, juga perlu dilakukan secara rutin untuk meminimalisir masalah kesehatan mulut.

1. Sikat gigi setidaknya dua kali sehari

Saat sikat gigi, melansir Cleveland Clinic, Selasa, 12 September, gunakan pasta gigi berfluoride dan sikat gigi berbulu lembut. Letakkan sikat gigi pada sudut 45 derajat kea rah gusi. Ini membantu menghilangkan plak dan bakteri di garis gusi. Selain itu, pastikan untuk menyikat seluruh permukaan gigi termasuk bagian belakang dan samping.

cara menjaga kebersihan mulut
Ilustrasi cara menjaga kebersihan mulut (Freepik)

2. Gunakan benang atau floss sekali sehari

Sikat gigi berbulu lembut sekalipun, tidak bisa menjangkau sela-sela gigi. Untuk membersihkan area tersembunyi, perlu benang gigi atau floss. Anda bisa memakai seutas benang yang panjangnya sekitar 18 inci. Ulirkan ujung benang pada kedua jari tengah tangan kanan dan kiri, lalu gunakan ibu jari untuk mengarahkan benang di antara dua gigi. Sekitar gigi gerakkan sepeti huruf C menghadap ke bawah untuk setiap sela gigi. Proses ini bisa pula dilakukan dengan memakai tusuk gigi, atau sikat interproksimal.

3. Sikat lidah

Lidah menampung bakteri seperti spons makanya selain dua kali sehari sikat gigi, perlu sekaligus sikat lidah. Ini bisa dilakukan menggunakan sikat gigi atau Anda dapat memakai pengerik lidah yang dijual di toko kesehatan.

4. Gunakan obat kumur anti bakteri setiap hari

Obat kumur anti bakteri membantu mencegah bakteri mulut berbahaya. Selain membersihkan sisa makanan dan kotoran, ini juga mengurangi penumpukan plak. Maka pastikan memilih obat kumur bebas alkohol untuk mencegah mulut kering.

cara menjaga kebersihan mulut
Ilustrasi cara menjaga kebersihan mulut (Freepik/wayhomestudio)

5. Periksa gigi secara teratur

Pemeriksaan dan pembersihan gigi secara rutin sangat penting untuk kesehatan mulut yang baik. Banyak orang berhasil dengan kunjungan rutin ke dokter gigi enam bulan sekali. Jika gigi berlubang dan mengalami kesehatan mulut lainnya, paling tepat mempercayakan pada dokter untuk memberikan solusi terbaik.

Di samping lima cara untuk menjaga kesehatan mulut di atas, perlu juga menghindari memakai produk atau minuman yang berbahaya seperti rokok dan minuman alkohol. Penting diingat, rutinitas menjaga kebersihan mulut akan menghasilkan yang terbaik kalau dilakukan dengan konsisten.