Cara Menghilangkan Rasa Pahit di Mulut, Lakukan Treatmen Ini
Ilustrasi rasa pahit di mulut (Unsplash/Joey Nicotra)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Rasa pahit di mulut sangat mengganggu kenyamanan, baik saat makan maupun beraktivitas biasa. Rasa pahit bisa terjadi secara sementara, namun ada juga yang bertahan lama karena penyakit tertentu. Ada sejumlah cara menghilangkan rasa pahit di mulut yang bisa dilakukan. 

Rasa pahit di mulut sering dialami ketika seseorang sedang sakit. Lidah akan terasa hambar dan pahit. Kondisi ini terjadi karena pelepasan protein oleh tubuh yang berfungsi untuk mengatasi peradangan saat sakit. Akibat proses tersebut, indera perasa akan terpengaruh hingga menyebabkan rasa pahit di lidah. 

Perubahan rasa pada mulut disebut dysgeusia. Dalam istilah medis, reaksi ini tidak selalu mengakibatkan rasa pahit. Namun bisa juga asin, manis, tengik, dan lainnya. Ada sejumlah penyebab dan cara mengatasi rasa pahit di mulut. 

Penyebab Rasa Pahit di Mulut

Rasa pahit pada mulut bisa terjadi karena sejumlah faktor, baik dari masalah kesehatan hingga pola makan. Berikut sejumlah penyebab terjadinya rasa pahit di mulut. 

- Demam atau penyakit lainnya

- Penumpukan bakteri dalam mulut

- Masalah kesehatan gusi dan gigi

- Mulut kering (xerostomia)

- Kerusakan saraf

- Mulut panas atau sindrom mulut terbakar

- Sariawan mulut

- GERD atau refluks asam lambung

- Kehamilan

- Konsumsi makanan atau minuman terlalu pahit

- Kurang asupan vitamin B12 dan zinc

- Konsumsi obat-obatan atau suplemen

- Stres dan gangguan kecemasan

- Sedang dalam pengobatan kanker

- Gangguan sistem pencernaan

Cara Menghilangkan Rasa Pahit di Mulut

Rasa pahit di lidah seringkali hanya bersifat sementara, jika tidak karena penyakit serius. Meski demikian, apabila dibiarkan kondisi ini akan mengganggu kenyamanan penderitanya. Selain itu, nafsu makan juga akan berkurang karena mulut tidak enak dipakai buat makan. Masalah mulut terasa pahit bisa diatasi dengan beberapa cara berikut ini. 

Konsumsi Buah Jeruk dan Lemon

Salah satu cara paling efektif untuk menghilangkan rasa pahit di mulut adalah dengan mengonsumsi buah jeruk atau lemon. Kandungan asam pada kedua buah tersebut dapat menghilangkan sensasi getir di mulut. 

Rasa masa yang sangat tajam pada jeruk dan lemon akan merangsang indera perasa. Cara ini biasanya diterapkan bila rasa pahit terjadi karena konsumsi obat-obatan atau sedang sakit. Namun hindari makan jeruk dan lemon jika sedang sariawan. 

Banyak Minum Air Putih

Tidak bisa dipungkiri bahwa air putih merupakan mineral yang sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh. Konsumsi air putih juga bisa membantu mengatasi rasa pahit di mulut. Rasa pahit pada mulut bisa berkaitan dengan kondisi mulut yang kering. Jadi Anda perlu memperbanyak minum air putih, Terlebih saat melakukan banyak aktivitas di luar ruangan. 

Mengunyah Permen Karet

Salah satu alternatif untuk menghilangkan rasa pahit di mulut adalah dengan mengunyah permen karet. Rasa yang ada pada permen karet bisa merangsang indera perasa dan mengalihkan rasa pahit. 

Anda perlu memilih permen karet yang bebas gula. Bisa juga memilih permen karet dengan aroma peppermint atau buah-buahan. Mengunyah permen karet juga membantu menggerakan saraf dan otot-otot di bagian mulut dan rahang. 

Menjaga Kebersihan Mulut dan Gigi

Kegiatan yang satu ini wajib Anda lakukan setiap hari. Anda perlu menjaga kebersihan mulut secara rutin untuk menghindari berbagai masalah kesehatan pada mulut, lidah, gigi, hingga gusi. Mulut bersih akan terhindar dari penumpukan bakteri yang bisa menimbulkan rasa pahit pada mulut. 

Kebiasaan membersihkan mulut bisa dilakukan secara mudah. Anda perlu rutin menyikat gigi dua kali sehari, yakni sebelum tidur dan saat bangun pagi. Selain itu, lakukan juga flossing gigi secara teratur. 

Kumur dengan Larutan Soda Kue

Tidak banyak yang tahu bahwa baking soda dapat menetralkan rasa pahit di mulut. Untuk menghilangkan rasa pahit, Anda bisa berkumur dengan larutan soda kue sebelum makan. Dengan begitu rasa makanan tidak terpengaruh oleh rasa pahit. 

Caranya cukup mudah, yakni larutan ¼ sendok teh baking soda dan ½ sendok teh garam dalam segelas air hangat. Selanjutnya tinggal kumur-kumur menggunakan larutan tersebut. Jika sudah, bilas mulut Anda memakai air bersih. 

Menghindari Makanan Tertentu 

Untuk menghilangkan rasa pahit di mulut, Anda juga perlu membatasi konsumsi makanan dan minuman tertentu. Kurangi makanan yang mengandung lemak, peda, asem, dan minuman berkafein. Hindari juga minuman beralkohol karena bisa meningkatkan asam lambung yang menyebabkan mulut terasa pahit. Selain itu, hentikan aktivitas merokok untuk sementara waktu. 

Demikianlah ulasan mengenai cara menghilangkan rasa pahit di mulut. Jika Anda mengalami masalah tersebut, terapkan beberapa treatment di atas. Namun jika rasa pahit tidak kunjung hilang, Anda perlu segera berkonsultasi ke dokter. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.