Bagikan:

YOGYAKARTA - Buah timun atau mentimun kebanyakan diolah menjadi lalapan, rujak, atau minuman segar seperti jus. Namun, pernahkah Anda mendapatkan timun yang dibeli memiliki rasa pahit? Rasa pahit dari timun dikarenakan oleh beberapa faktor. Lantas apakah ada cara agar timun tidak pahit? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Cara Agar Timun Tidak Pahit

Dikutip dari laman Taste of Home, rasa pahit pada timun disebabkan oleh adanya senyawa bernama cucurbitacin yang terkandung di dalamnya.

Jika kadar cucurbitacin yang terkandung dalam timun cukup tinggi, maka semakin pahit rasanya. Salah satu faktor penyebab tinggi rendahnya senyawa tersebut yaitu perubahan suhu yang tidak stabil dan proses menyiram tanaman yang dilakukan. Masih dilansir dari laman yang sama, secara umum rasa pahit dari timun masih dalam kadar yang aman untuk dikonsumsi. Namun, sangat jarang kita temukan timun dan zucchini yang sangat pahit dijual di pasar.

Oleh sebab itu, simak tips menghilangkan rasa pahit dari timun untuk membuat lalapan segar atau minuman berikut.

Ilustrasi mentimun. (Pixabay)

Kupas kulit bagian yang pahit

Cara menghilangkan rasa pahit pada timun yang pertama yaitu dengan mengupas kulit bagian yang pahit. Walau cara ini mungkin tidak sepenuhnya menghilangkan rasa, tapi bagian yang paling pahit akan disingkirkan.

Potong dan gosok ujung timun

Dilansir dari laman Food NDTV, buang atau potong bagian ujung timun. Selanjutnya, gosok ujungnya dengan sisa potongan timun yang lain. Anda dapat melakukan gerakan melingkar atau memutar pada saat menggosokkan ujung timun. Selanjutnya, cuci timun dengan air bersih. Kupas kulit timun semuanya dan Anda bisa menikmatinya.

Gunakan garpu

Potong bagian ujung timun dan kupas kulitnya sampai bersih. Selanjutnya, manfaatkan garpu dan sisir dari bagian atas ke bagian bawah. Namun, cara ini bisa jadi membuat timun mempunyai bentuk yang tidak beraturan. Hal tersebut membuat bentuk timun menjadi berantakan sebab terdapat bekas guratan garpu.

Taburkan garam

Cara mengatasi rasa pahit pada timun yang berikutnya yaitu potong timun menjadi dua bagian memanjang. Taburkan garam dapur di atas kedua permukaan timun tersebut. Gosokkan satu sama lain. Gosok hingga keluar zat berbusa putih, jalani proses gosok selama dua hingga tiga kali. Bilas sampai air bersih.

Demikianlah ulasan mengenai cara agar timun tidak pahit yang bisa diterapkan. Semoga bermanfaat. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.