Sikat Gigi Setelah Minum Kopi, Ternyata Justru Memicu Gigi Berlubang
Ilustrasi sikat gigi setelah minum kopi (Pexels/Karolina Grabowska)

Bagikan:

YOGYAKARTA -  Bagi peminum kopi, menjaga keutuhan dan kesehatan gigi dilakukan dengan menyikat gigi dengan cara serta frekuensi yang tepat. Menyikat gigi, secara teori berguna memerangi plak serta menghilangkan aroma kopi. Namun ternyata, Anda tak harus menggosok gigi sehabis ngopi.

Dokter gigi Sharon Huang yang membuka praktik di Manhattan memaparkan secara detail berapa lama jarak antara menyesap kopi dan sikat gigi serta cara menyegarkan mulut bagi Anda peminum kopi. Menurutnya, kopi merupakan minuman yang asam. Makanan dan minuman lain yang memiliki tingkat keasaman, setelah meminumnya akan mengalami demineralisasi gigi. Efeknya email gigi jadi lebih lembut sehingga jika ditambah dengan sikat gigi, maka bisa merusak gigi, menyebabkan gigi lebih sensitif, dan menyebabkan gigi berlubang.

Mengutip Well and Good, Anda tak harus menyikat gigi setelah minum kopi. Malah perlu diberi jeda beberapa waktu, baru Anda bisa menyegarkan mulut. Dokter Huang menyarankan, Anda perlu menunggu setidaknya 30 menit setelah kondisi email gigi mengeras kembali dan tidak hilang ketika Anda menyikat gigi.

sikat gigi setelah minum kopi
Ilustrasi sikat gigi setelah minum kopi (Pexels/Mike Jones)

Anda bisa menyegarkan mulut dengan membilas mulut atau kumur dengan air suhu kamar. Huang juga menyarankan mengunyah permen karet tanpa gula selama 30 menit setelah konsumsi kopi atau makanan dan minuman asam lainnya. Cara ini dapat membantu Anda meningkatkan air liur di mulut dan membuang asam.

Pada pagi hari, waktu ideal untuk gosok gigi antara setelah bangun tidur dan sebelum minum kopi. Menyikat gigi sebelum minum kopi, dapat membantu menyingkirkan plak dan bakteri yang terkumpul semalam.

Lebih lanjut lagi, cara untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut bagi peminum kopi bisa dilakukan dengan empat kebiasaan baik ini. Pertama, mulai dengan flossing kemudian menggosok gigi. Langkah ini dilakukan dua kali sehari, yaitu pagi dan malam. Ketiga, gunakan pembersih lidah untuk menghilangkan bakteri. Terakhir, tutup perawatan sehari-hari dengan obat kumur bebas alkohol.

Selain empat langkah sehari-hari di atas, Anda disarankan untuk melakukan pembersihan gigi secara profesional dua kali setahun. Pembersihan ini ampuh untuk menghilangkan noda sebelum mereka bermigrasi ke lapisan gigi yang lebih dalam.