Sedang Program Menurunkan Berat Badan? Hindari 5 Pemahaman Keliru Ini
Ilustrasi program menurunkan berat badan yang keliru (Freepik/atlascompany)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Banyak sekali tips dalam mengelola pola makan yang sehat. Taka sedikit pula anjuran untuk rutin olahraga. Tetapi, ada pemahaman yang keliru mengenai cara-cara yang dijalankan dalam program penurunan berat badan. Jangan sampai Anda melakukannya juga, sehingga alih-alih berat badan turun yang terjadi malah stuck. Artinya, hindari pemahaman berikut ini ya.

1. Sarapan saat tidak lapar

Anjuran untuk sarapan ada benarnya. Tujuannya untuk mengantisipasi siang hari tidak makan secara eksesif karena kelaparan. Tetapi bagaimana kalau pagi hari sebangun dari tidur tidak merasa lapar? Atau bagaimana jika sedang menjalankan diet intermiten?

Mengisi perut pada pagi hari penting dilakukan. Terutama untuk bekal aktivitas Anda hingga jam makan siang. Tetapi, kalau tidak lapar memang tak boleh dipaksa. Anda hanya perlu minum secukupnya dan tanyakan pada perut Anda, kalau terasa lapar, isi dengan makanan mengandung protein daripada karbohidrat sederhana.

2. Menimbang berat badan setiap hari

Berat badan akan naik turun dari hari ke hari. Ini sebagai respons dari banyak faktor. Melansir Healthline, Jumat, 23 September, sering-sering memeriksa timbangan bisa menjadi sumber kecemasan. Meskipun berdasarkan penelitian, menghitung akuntabilitas dan mengevaluasi aktivitas harian penting dilakukan dalam program penurunan berat badan.

program menurunkan berat badan yang keliru
Ilustrasi program menurunkan berat badan yang keliru (Freepik/yanalya)

Paling penting untuk diingat, berat badan dapat fluktuatif. Bisa dipengaruhi perubahan hormonal, keseimbangan cairan, dan frekuensi buang air besar. Perubahan ini tidak menggambarkan penurunan berat badan. Artinya, penimbangan sering dapat membantu beberapa orang kehilangan berat badan. Tetapi strategi ini tidak bermanfaat bagi setiap orang.

3. Minum jus untuk pembersihan pencernaan

Pembersihan dengan jus, sangat populer dilakukan. Penelitian yang mendukung pemahaman tersebut menunjukkan bahwa seseorang dapat kehilangan hingga 4,5 kilogram dalam seminggu dan membersihkan tubuh dari racun. Tetapi hanya sedikit penelitian juga menunjukkan bahwa pembersihan jus aman dan efektif.

Diet rendah kalori, dengan mengonsumsi jus atau makanan nabati, dapat membantu menurunkan berat badan. Tetapi kalau tidak dilakukan secara berkesinambungan, hasil tidak akan bertahan lama.

4. Menurunkan berat badan dengan cepat

Ingin turun berat badan 5 kilogram dalam tiga hari? Menurunkan berat badan, menurut saran konvensional, dapat berpeluang lebih baik untuk mempertahankan berat badan lebih rendah. Oleh karena itu, pemahaman menurunkan berat badan instan perlu diluruskan.

Meskipun memang baik untuk menurunkan berat badan secara perlahan, tetapi penurunan berat badan cepat tidak meningkatkan risiko kenaikan berat badan. Faktanya, menurunkan berat badan dengan cepat tampaknya bermanfaat untuk menurunkan berat badan jangka panjang. Tetapi penurunan berat badan tidak mungkin berkelanjutan. Pada awalnya mungkin tetapi selanjutnya perlu dilakukan secara bertahap karena nutrisi yang dibutuhkan tubuh tetap perlu terpenuhi.

5. Fokus pada latihan kardio

Latihan kardiovaskular bermanfaat bagi jantung dan kesehatan secara keseluruhan. Tetapi kardio bukan strategi olahraga terbaik untuk menurunkan berat badan. Respons penurunan berat badan dengan latihan kardiovaskular tergantung pada masing-masing orang.

Nah, strategi paling baik untuk lebih bugar adalah dengan mempertahankan massa otot sambil menurunkan berat badan. Olahraga yang bisa dilakukan ialah menggabungkan latihan kekuatan dengan kardio.