Apakah Pijat Efektif untuk Menurunkan Berat Badan? Ini Penjelasannya
Ilustrasi apakah pijat efektif menurunkan berat badan (Freepik/Racool_studio)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Banyak cara menurunkan berat badan, tetapi paling efektif adalah dengan membatasi mengkonsumsi karbohidrat dan rutin olahraga. Bagaimana dengan pijat, apakah efektif menurunkan berat badan?

Meskipun tidak secara langsung pijat dapat menurunkan berat badan, tetapi efek pijat membantu penurunan berat badan dan membantu pemulihan, mengurangi stres, serta meningkatkan kualitas tidur. Instrumen tersebut, terkait kondisi psikologis dan tidur, ternyata efeknya signifikan dalam penurunan berat badan.

apakah pijat efektif menurunkan berat badan
Ilustrasi apakah pijat efektif menurunkan berat badan (Freepik/valuavitaly)

Pijat merupakan teknik perawatan diri. Pijatan dilakukan untuk mengurangi nyeri otot dan meningkatkan kelenturan. Bagi Anda yang sudah rutin olaraga, memerlukan teknik ini. Melansir Healthline, Senin, 22 April, pijat saja tidak akan menurunkan berat badan. Namun para ilmuwan menemukan beberapa cara membantu penurunan berat badan Anda. Pijat sendiri, bermanfaat memulihkan setelah olahraga. Jika Anda jarang olahraga atau sedang meningkatkan intensitas olahraga, mungkin akan mengalami nyeri otot setelahnya. Nah, pijat dapat berperan dalam pemulihan rasa nyerti tersebut.

Selain yang dijelaskan di atas, pijat juga berpotensi meningkatkan fleksibilitas tubuh. Kemungkinan besar, dengan tubuh yang fleksibel akan memaksimalkan sesi latihan Anda. Sebagai manfaat tambahan, pijat membantu melepaskan endorfin. Setelah pijat, akan terasa menyegarkan dan membantu tidur lebih nyenyak. Ditambah lagi, pijat perut juga dapat mengurangi kembung, gas, dan nyeri perut. Penelitian menunjukkan bahwa pijat perut dapat menurunkan lingkar perut. Hal ini kemungkinan besar disebabkan oleh berkurangnya kembung dan retensi air.

Jenis pijatan yang patut dicoba untuk mendukung program penurunan berat badan, antara lain pijat perut, pijat refleksi, pijat drainase limfatik, pijat aromaterapi, pijat batu panas. Beberapa manfaat potensial dari pijat, antara lain meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi stres, depresi, dan keemasan, meningkatkan fleksibilitas dan rentang gerak, perbaikan pencernaan, mengurangi tekanan darah, mengurangi rasa sakit, dan meningkatkan kualitas tidur.

Penting digarisbawahi, bahwa pijat tidak akan menyebabkan penurunan berat badan. Hanya saja, efek positif dari pijat mendukung program penurunan berat badan Anda. Perlu diwaspadai, hindari pijat ketika mengalami tanda-tanda infeksi, seperti demam. Hindari pula pijat saat terdapat luka terbuka, terbakar, dan gangguan pendarahan seperti hemofilia parah. Untuk ibu hamil, harus betul-betul selektif memilih profesional terapis dan jenis pijatannya.