8 Makanan yang Baik untuk Pencernaan dan Umur Panjang
Ilustrasi makanan yang baik untuk pencernaan dan umur panjang (Freepik/zinkevych)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan, penting untuk fokus mengkonsumsi makanan sehat. Jenis makanan sehat di bawah ini, baik untuk kesehatan secara menyeluruh, termasuk kesehatan jantung, pencernaan, dan umur panjang.

1. Buah

Buah sempat mendapat penilaian buruk, terutama buah yang secara alami memiliki rasa manis. Menurut ahli gastroenterology Will Bulsiewicz, MD., orang yang mengonsumsi lebih banyak buah, faktanya lebih kecil kemungkinan terkena diabetes. Menurut jurnal diterbitkan dalam Clinical Endrocricology & Metabolism, menunjukkan bahwa orang yang teratur makan buah utuh secara teratur berisiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2.

2. Sayuran daun hijau

Seperti kangkung, selada, bayam, dan sayuran lainnya yang berdaun hijau, bagus untuk kesehatan karena mengandung antioksidan dan vitamin. Sayuran hampir tidak mengandung kalori namun banyak sekali nutrisi, jelas Bulsiewicz dilansir Eating Well, Senin, 25 Maret.

makanan yang baik untuk pencernaan dan panjang umur
Ilustrasi makanan yang baik untuk pencernaan dan umur panjang (Freepik/Azerbaijan_stockers)

3. Makanan fermentasi

Kita perlu memasukkan makanan fermentasi seperti kimchi, miso, dan kefir dalam pola makan sehari-hari, saran Bulsiewicz. Makanan yang difermentasi membantu keanekaragaman mikroba usus.

4. Makanan yang kaya omega 3

Kacang-kacangan dan biji-bijian yang kaya omega 3, dibutuhkan lebih banyak oleh tubuh. Omega 3 adalah lemak sehat, yang diperlukan saat Anda dalam program menurunkan berat badan. Lemak sehat ini, juga membantu menurunkan kolesterol jahat atau LHL dan menurunkan risiko penyakit jantung.

5. Kacang-kacangan

Buncis termasuk kacang-kacangan yang baik untuk jantung Anda. Buncis adalah makanan yang menyehatkan usus. Secara umum, kacang-kacangan juga mengandung nutrisi yang baik untuk memperpanjang usia dan mencegah berbagai penyakit kronis seperti jantung, kanker, stroke, dan diabetes.

6. Bawang merah, bawang putih, bawang bombay

Meski saat mengiris perbawangan ini membuat Anda menangigs, tetapi jangan salah. Karena manfaatnya yang selangit baik untuk jantung dan melindungi dari kanker. Bawang merah dan bawang putih mengandung antioksidan yang menurunkan peradangan. Selain itu juga mengandung prebiotik yang memicu bakteri usus sehat.

7. Biji-bijian

Biji-bijian tinggi mengandung serat yang baik untuk mikrobioma usus. Biji-bijian utuh yang tidak dimurnikan, sangat baik untuk kesehatan. Karena biji utuh mengandung serat larut yang menyehatkan jantung.

8. Jamur

Banyak diolah sebagai pengganti micin atau sebagai penyedap rasa dikenal dengan kaldu jamur, jenis makanan ini ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan. Jamur mengandung serat yang baik untuk tubuh. Jamur meningkatkan kesehatan usus, memiliki sifat anti inflamasi, dan manfaat lainnya untuk kesehatan.

Itulah kedelapan jenis makanan yang baik untuk pencernaan dan umur panjang. Anda bisa memasukkan daftar di atas untuk variasi menu harian di rumah.