Konsumsi 8 Makanan Ini saat Kamu Alami Masalah Pencernaan
Ilustrasi (Ella Ollson/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Masalah pencernaan, seperti gas, sembelit, dan diare, tentu pernah dialami banyak orang. Menurut sebuah penelitian, setidaknya 15 persen orang-orang di negara barat mengalami masalah sensitivitas usus atau yang disebut Sindrom Iritasi Usus Besar. Bagi Anda yang kerap mengalami masalah pencernaan, ini saatnya Anda memperbaiki pola makan yang selama ini berantakan. Melansir Hopkins Medicine, Kamis, 3 November, 5 makanan berikut ini bisa Anda konsumsi saat sedang mengalami masalah pencernaan.

Buah Plum

Buah plum dipercaya dapat menjaga kesehatan pada usus. Buah plum mengandung serat selulosa yang dapat melancarkan BAB karena dapat meningkatkan jumlah air pada feses. Dengan begitu, feses akan menjadi lunak. Selain itu, buah ini mengandung senyawa fenolik yang berfungsi sebagai bakteri baik untuk usus.

Buah Pepaya

Buah pepaya mengandung banyak serat, folat, vitamin A, C, dan E yang berfungsi untuk melancarkan pembuangan air besar. Selain itu, pepaya juga dipercaya dapat mengatasi gangguan pencernaan.

Buah Pisang

Buah pisang, khususnya pisang hijau yang belum matang, mengandung banyak pati resisten yang dapat berfungsi untuk menjaga kesehatan usus. Pati resisten merupakan jenis karbohidrat yang mudah diserap oleh usus kecil. Dengan memakan buah pisang hijau, dapat menghambat kenaikan gula darah secara tajam.

Protein Tanpa Lemak

Orang dengan IBS atau sensitivitas usus perlu mengonsumsi protein tanpa lemak dan menghindari makanan yang kaya lemak, termasuk makanan yang digoreng dan daging merah. Para ahli mengatakan bahwa daging merah dapat memperbanyak bakteri di usus besar yang menghasilkan bahan kimia. Yang terkait dengan peningkatan risiko penyumbatan arteri.

(Asad Nazir/Pexels)

Sayuran Hijau

Sayuran hijau, seperti bayam atau kangkung merupakan sumber serat yang sangat baik. Serta sumber nutrisi seperti folat, vitamin C, vitamin K, dan vitamin A. Penelitian juga menunjukkan bahwa sayuran hijau juga mengandung jenis gula tertentu yang dapat membantu pertumbuhan bakteri baik di usus. Makan banyak serat dan sayuran hijau memungkinkan Anda mengembangkan mikrobioma, organisme baik yang hidup di usus besar.

Buah Apel

Buah apel merupakan salah satu buah yang kaya akan serat. Serat larut pektin yang terkandung di apel dapat menarik air ke dalam usus besar, melunakkan tinja, dan mengurangi waktu transit makanan di usus. Konsumsi apel saat diserang masalah pencernaan merupakan salah satu pilihan terbaik.

Buah Kiwi

Buah kiwi mengandung actinidin yang dapat berfungsi untuk meningkatkan gerak usus. Dengan begitu, buah ini dapat mengurangi gejala sembelit dan pencernaan Anda akan menjadi lebih lancar.

Buah Alpukat

Alpukat adalah jenis super food yang dikemas dengan serat dan nutrisi penting, seperti potassium, yang membantu meningkatkan fungsi pencernaan sehat. Alpukat juga merupakan buah rendah fruktosa sehingga kecil kemungkinannya menyebabkan gas dalam perut. Namun, Anda perlu membatasi konsumsi alpukat perhari. Sebab meskipun kaya nutrisi, buah satu ini juga tinggi akan lemak. Sehingga pastikan untuk memakannya dalam jumlah sedang.