Mengenal 7 Manfaat Bunga Daun Bawang bagi Kesehatan, Bisa Cegah Flu dan Batuk
Ilustrasi (Garry Elis/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Tidak hanya bawang dan daunnya, bunga dari jenis tanaman umbi lapis yang satu ini ternyata dapat dikonsumsi dan memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Bunga daun bawang merupakan tanaman yang didapatkan dari tanaman bawang merah.

Bunga daun bawang memiliki rasa dan aroma yang mirip dengan daun kucai, hanya saja daun bawang memiliki tekstur yang lebih renyah. Memiliki tampilan yang indah, bunga bawang memiliki beberapa manfaat. VOI melansir Be Body Wise, Kamis, 20 Oktober, berikut khasiat dari bunga daun bawang.

Mencegah Pilek Dan Flu

Memiliki sifat antibakteri dan antivirus, bunga daun bawang sangat ampuh mengobati infeksi karena virus dan flu. Selain itu, bunga daun bawang juga dapat mengurangi lendir berlebih akibat flu dan batuk. 

Mengatasi Gangguan Pencernaan

Anda juga dapat mengonsumsi bunga daun bawang secara teratur untuk meningkatkan fungsi pencernaan Anda. Terlebih lagi jika Anda menderita masalah pencernaan seperti gastritis, asam lambung, dan sembelit. 

Daun bawang mengandung serat, yang membantu pergerakan tinja. Obat herbal ini pun bisa mengobati usus bengkak dan membuat sistem pencernaan Anda jadi aktif. Penderita gangguan pencernaan sebaiknya mengonsumsi 20-30 gram daun bawang dua kali sehari, yaitu pagi dan sore hari.

Anti Kanker

Sifat antikanker dari lutein dan zeaxanthin dalam bunga bawang dapat mencegah kanker paru-paru, kanker mulut, kanker perut, dan kanker usus. Tidak hanya itu, kandungan alium dari bunga daun bawang juga dapat mencegah kanker prostat, menurut penelitian dari Journal of the National Cancer Institute. 

Menurunkan Kadar Gula Darah

Penelitian telah menunjukkan bahwa senyawa belerang yang ada dalam bawang hijau mengurangi kadar gula darah dengan meningkatkan kadar insulin. Insulin diperlukan untuk mengangkut gula dari aliran darah ke sel-sel tubuh. Anda bisa memasukkan bunga bawang dalam daftar menu makanan sehat Anda.

Baik Untuk Mata

Selain karotenoid seperti lutein dan zeaxanthin, bawang hijau mengandung vitamin A, yang memainkan peran penting dalam menjaga penglihatan dan menjaga mata tetap sehat dan kuat. Bunga daun bawang juga dapat melawan degenerasi makula, kondisi yang mengakibatkan hilangnya penglihatan dan melindungi mata dari peradangan.

Menjaga Kesehatan Jantung 

Kandungan antioksidan dalam daun bawang membantu mencegah kerusakan DNA dan jaringan seluler. Vitamin C membantu menurunkan kolesterol tinggi dan tingkat tekanan darah dalam tubuh, yang menurunkan risiko penyakit jantung. Senyawa belerang yang ada dalam bawang ini juga membantu mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

Membantu meningkatkan kesehatan tulang

Dengan makan tiga bunga daun bawang setiap hari, Anda bisa memenuhi kebutuhan vitamin K sepanjang hari. Vitamin ini penting untuk pembekuan darah dan juga untuk kesehatan tulang. Selain itu, penelitian secara eksplisit menghubungkan konsumsi daun bunga daun bawang dengan penurunan risiko osteoporosis.