3 Minuman Herbal yang Bisa Pulihkan Indra Penciuman saat Sakit
Ilustrasi (Leah Kelley/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Penyebaran virus COVID-19 di tanah air saat ini semakin luas. Tidak hanya orang dewasa, kini Corona pun mengancam anak-anak. Banyak dari pasien positif Covid mengeluhkan gejala seperti kehilangan indra penciuman atau anosmia. Melansir laman Beautynesia, Kamis, 8 Juli, kehilangan indra penciuman dapat diatasi dengan mengonsumsi 3 jenis minuman herbal ini. Apa saja minuman tersebut? 

Wedang jahe

Sudah banyak yang tahu kalau wedang jahe punya segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Selain dapat menghangatkan tubuh karena kandungan minyak atsirinya, jahe juga berfungsi sebagai anti-inflamasi karena mengandung senyawa flavonoid dan saponin. 

Selain membuat suhu tubuh menjadi lebih hangat, wedang jahe juga bisa dijadikan obat tradisional untuk menyembuhkan gejala flu dan hidung tersumbat jika diminum secara rutin. 

Wedang bawang putih

Siapa sangka kalau bumbu dapur yang satu ini bisa dengan mudah Anda olah menjadi minuman herbal. Bawang putih memiliki sejumlah nutrisi yang baik bagi tubuh misalnya, Vitamin B6, Vitamin C, Kalsium, Kalium, Fosfor, yang berkhasiat dalam mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh dan kaya akan antioksidan. 

Ketika diolah menjadi minuman tradisional, bawang putih dipercaya mampu meringankan gejala flu, batuk, dan meningkatkan metabolisme tubuh. Anda bisa membuat wedang bawang putih dengan cara cincang 2-3 siung bawang putih, lalu rebus dengan segelas air putih. Setelah mendidih, saring air rebusan tersebut, dan jadilah wedang bawang putih.

Teh Chamomile

Teh chamomile merupakan salah satu jenis teh yang paling banyak dikonsumsi. Teh ini terbuat dari bunga chamomile yang dikeringkan, dan sudah sejak lama digunakan sebagai minuman herbal untuk pengobatan tradisional. Teh chamomile juga disukai oleh kebanyakan wanita, karena dapat meredakan stress dan nyeri saat haid. Selain itu, teh chamomile masih memiliki segudang manfaat lain untuk tubuh.

Teh chamomile tinggi akan antioksidan, dan memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang dapat menangkal virus dan menurunkan demam. Oleh karena itu, teh chamomile sangat cocok dikonsumsi untuk melancarkan hidung tersumbat karena gejala flu.