Minuman Untuk Sakit Tenggorokan: 100 Persen Herbal
Minuman Untuk Sakit Tenggorokan ( Gambar Anthony Tran-Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Radang tenggorokan datang kapan saja dan siap menyerang siapa pun tanpa pandang bulu. Apabila kalian mengalaminya, kalian bisa sembuhkan dengan minuman untuk sakit tenggorokan. Apa saja? Simak ulasan berikut ya.

Sakit tenggorokan bisa disebabkan karena beberapa hal seperti, radang amandel, infeksi bakteri atau virus, udara kering, asam lambung serta iritasi akibat polusi udara atau asap rokok.

Agar sembuh, sebenarnya kalian tidak harus menggunakan obat, karena ada alternatif minuman herbal. Apa saja? Berikut ulasannya.

Minuman untuk Sakit Tenggorokan

1. Air Jahe

Jahe memiliki banyak sekali manfaat untuk meredakan batuk. Hal ini dikarenakan adanya zat antiradang di dalam jahe yang dapat mengurangi rasa sakit, dan zat antimikroba yang bisa membasmi infeksi virus atau bakteri. Jahe juga bisa menguatkan daya tahan tubuh.

Cara mengolah air jahe cukup gampang, kalian hanya perlu merebus 1 ruas jahe sampai mendidih. Setelah mendidih biarkan 5 menit sebelum diminum. Setelah diminum sensasi hangat dari air jahe akan membuat tenggorokan terasa lega. Biar lebih enak kalian juga bisa menambahkannya dengan 1 sendok makan madu.

2. Teh Madu Lemon

Lemon yang dicampur dengan segelas teh serta 1 sendok makan madu pula lumayan efisien dikonsumsi selaku minuman buat sakit tenggorokan.

Teh memiliki senyawa antiradang serta antioksidan yang sanggup kurangi rasa sakit. Sedangkan itu, madu mempunyai sifat antibakteri yang bisa melawan bakteri pemicu sakit tenggorokan dan rasa manis yang dapat menenangkan tenggorokan serta kurangi batuk.

Bahkan, terdapat riset yang menunjukkan kalau madu sama efektifnya dengan obat dextromethorphan dalam hal menyembuhkan batuk.

3. Teh hijau

Sama semacam jahe, teh hijau pula mempunyai senyawa antiradang yang dapat kurangi rasa sakit pada tenggorokan. Oleh sebab itu, teh hijau hangat pula dapat jadi salah satu minuman buat sakit tenggorokan. Supaya khasiatnya lebih terasa, ganti gula pasir dengan 1 sendok teh madu, ya.

4. Air lemon

Khasiat lemon buat kesehatan badan tidak butuh diragukan lagi. Kandungan vitamin C serta antioksidannya yang besar baik buat menguatkan daya tahan tubuh serta melawan peradangan. Makanya, minum segelas air lemon dapat menolong agar sembuh lebih cepat dari sakit tenggorokan akibat peradangan.

Tidak hanya itu, air lemon pula dapat mengencerkan dahak serta meredakan infeksi. Nah, buat memperoleh seluruh khasiat ini, kalian cukup mencampur 1 sendok teh air perasan lemon ke dalam segelas air. Minuman ini dapat diminum 2 ataupun 3 kali sehari sampai sakit tenggorokan membaik.

5. Susu kunyit

Minuman buat sakit tenggorokan yang terdiri dari kombinasi susu hangat serta sejumput bubuk kunyit ini memanglah amat jarang terdengar. Tetapi, khasiatnya tidak main-main, lho.

Kunyit mempunyai kandungan antibakteri serta antiradang, sebaliknya susu hangat dapat menenangkan tenggorokan yang gatal. Makanya, perpaduan keduanya sesuai buat mempercepat penyembuhan sakit tenggorokan, lebih-lebih akibat peradangan bakteri.

6. Sup ataupun kaldu hangat

Tidak hanya minuman bercita rasa manis, sup ayam hangat ataupun kaldu tulang sapi yang gurih juga dapat jadi minuman buat sakit tenggorokan. Kaldu tulang, baik sapi ataupun ayam tidak cuma hangat di tenggorokan, namun pula memiliki karnosin yang dapat menghentikan infeksi sehingga rasa sakit di tenggorokan menurun.

Ditambah lagi, kaldu tulang pula kaya akan asam amino, vitamin, serta mineral yang berfungsi penting dalam tingkatkan daya tahan badan sehingga tubuh sanggup melawan peradangan pemicu sakit tenggorokan.

7. Teh chamomile

Tidak cuma menghangatkan tenggorokan, teh chamomile pula dapat meredakan batuk. Keunggulan yang lain, teh ini pula bersifat antiradang yang sanggup kurangi rasa sakit sekaligus menyejukkan tenggorokan supaya suara tidak lagi serak.

8. Teh peppermint

Minum teh peppermint saat sakit tenggorokan betul-betul dapat membuat lega. Soalnya, teh ini tidak cuma mempunyai sifat antiradang, antibakteri, serta antivirus, namun pula memiliki mentol yang berikan sensasi dingin serta menenangkan di tenggorokan. Apalagi, isi mentolnya pula sanggup mengencerkan dahak.

Tidak hanya berperan selaku minuman buat sakit tenggorokan, teh peppermint pula dapat menanggulangi rasa gatal di tenggorokan.

Jadi itulah beberapa rekomendasi minuman untuk sakit tenggorokan, simak berita menarik lainnya hanya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!