Masih Pentingkah Kartu Nama di Era Digital, Ternyata Ini Kegunaannya Dibanding secara Online
Masih pentingkah kartu nama di era digital (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Kartu nama merupakan berkas penting untuk bertukar informasi dengan orang baru atau relasi. Biasanya orang-orang akan memberikan kartu namanya dengan tujuan memperlihatkan informasi jika sewaktu-waktu dibutuhkan, baik untuk urusan pekerjaan, bisnis, dan sebagainya. Namun masih pentingkah kartu nama di era digital?

Sebelum berkembangnya teknologi digital, orang-orang menggunakan kartu nama untuk menjalin kontak atau bertukar informasi. Itulah mengapa banyak orang membuat kartu nama dengan desain yang menarik dan memuat keterangan yang jelas mengenai profil diri, pekerjaan, maupun perusahaan atau bisnis. 

Namun sejak era digital seperti sekarang, pertukaran informasi lebih banyak dilakukan secara online. Para pekerja profesional maupun pebisnis tentunya perlu tahu masih pentingkah kartu nama di era digital untuk menjalin networking.

Masih Pentingkah Kartu Nama di Era Digital

Ada perbedaan pandangan di masyarakat mengenai penggunaan kartu nama di era digital. Sebagian orang menganggap bahwa fungsi kartu nama tidak lagi diperlukan karena sudah digantikan dengan berbagai platform digital. Orang-orang bisa menggunakan media digital untuk memberikan dan bertukar informasi. 

Misalnya Anda bisa memanfaatkan social media seperti Instagram, Twitter, LinkedIn, atau website untuk untuk memberitahu orang lain mengenai profil dan identitas Anda. Selain itu, Anda juga bisa memakai aplikasi chatting seperti WhatsApp, Telegram, dan sebagainya untuk berkomunikasi secara langsung. 

Namun tidak sedikit orang yang menilai bahwa kartu nama masih sangat berguna sebagai identitas untuk bertukar informasi di momen-momen penting.  Meski penggunaan platform online dinilai lebih praktis, inilah beberapa alasan mengapa kartu nama masih penting untuk digunakan meski di era digital:

Terlihat Lebih Profesional

Penggunaan kartu nama dapat membuat Anda tampak lebih profesional saat bertukar informasi atau menjalin hubungan dengan orang lain. Apalagi jika momen pemberian kartu nama Anda lakukan dalam konteks bisnis atau pekerjaan. Orang yang menerima kartu nama akan menilai bahwa Anda adalah orang yang bersungguh-sungguh dalam menjalankan pekerjaan dan bisnis.  

Lebih Berkesan pada First Impression

Dibanding bertukar informasi secara digital, pemberian kartu nama juga lebih berkesan dan bersifat personal. Dengan memakai kartu nama untuk menjalin hubungan, Anda bisa memberikan first impression yang berkesan di mata relasi atau orang lain. 

Penerima kartu nama dari Anda akan menilai bahwa Anda serius dan bersifat menghormati dalam menjalin hubungan. Langkah ini bakal membuat diri Anda lebih diingat saat pertemuan pertama. Klien lebih mudah mengingat nama, wajah, hingga bisnis atau pekerjaan Anda setelah pertemuan tersebut. 

Menunjukkan Etika Komunikasi dan Rasa Hormat

Tidak sedikit orang yang menilai bahwa tukar kontak lewat platform digital merupakan tindakan yang kurang etis. Sebagian orang merasa kurang dihormati ketika diajak berkenalan dengan menunjukkan atau menanyakan media sosialnya. Dengan memberikan kartu nama, orang lain akan merasa lebih dihormati atau dihargai. 

Menunjukkan Sikap Siap

Pemakaian kartu nama saat mengenalkan diri Anda juga menunjukkan sikap siap dalam diri Anda. Ketika Anda sudah membawa kartu nama, Anda akan dinilai sebagai orang yang siap secara profesional dalam berbagai kondisi. Misalnya ketika dalam sebuah acara atau momen tertentu Anda tiba-tiba bertemu orang penting. 

Dengan menyiapkan kartu nama, Anda tinggal mengambilnya dari dalam dompet atau kantong untuk diberikan kepada orang lain. Jadi Anda tidak perlu repot-repot mengeluarkan ponsel untuk bertukar kontak atau menunjukkan profil digital Anda. 

Berguna dalam Keadaan Darurat

Adanya kartu nama juga berguna ketika Anda mengalami keadaan darurat. Misalnya ketika Anda sedang mengalami musibah, seperti kehilangan barang, kecelakaan, hingga tersesat di perjalanan. Anda bisa menggunakan kartu nama untuk memberikan informasi Anda. Selain itu, kartu nama Anda juga dapat dipakai untuk memberitahu kepada orang lain yang mungkin mengenal dan bisa membantu Anda. 

Demikianlah jawaban dari masih pentingkah kartu nama di era digital? Meski saat ini lebih banyak orang memakai platform digital untuk bertukar informasi secara praktis, tapi pemakaian kartu nama masih sangat berguna untuk menjalin bisnis maupun pekerjaan profesional. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.