Perbedaan <i>Internet Banking</i> dan </i>Mobile Banking</i>, Lebih Menguntungkan Mana?
Ilustrasi mobile banking (foto: Unsplash/CardMapr.nl)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Kemajuan teknologi digital telah membawa perkembangan ke berbagai sektor dalam kehidupan, termasuk dalam perbankan. Layanan internet banking sudah hadir lebih dahulu, kini ada layanan digital banking. Namun sebagian orang masih belum tahu perbedaan internet banking dan mobile banking. 

Internet banking muncul berkat berkembangnya teknologi jaringan komunikasi elektronik. Sementara digital banking diciptakan mengikuti era digital. Kedua layanan perbankan tersebut memudahkan masyarakat melakukan transaksi di era digital atau secara online. Namun kedua platform tersebut memiliki perbedaan. 

Perbedaan Internet Banking dan Mobile Banking

Baik internet banking maupun mobile banking telah membantu pengguna melakukan berbagai transaksi secara lebih efisien. Proses transaksi bisa dilakukan lebih praktis dan cepat tanpa harus pergi ke bank atau ATM. Anda bisa melakukan transaksi cukup melalui smartphone, dari mana saja dan kapan saja. 

Meski sama-sama berfungsi memudahkan transaksi penggunanya, namun keduanya memiliki perbedaan. Mungkin masih banyak pengguna yang belum paham lebih jelas perbedaan antara mobile banking dengan internet banking. Berikut penjelasannya: 

Cara Penggunaan

Cara penggunaan mobile banking dan internet banking juga berbeda. Untuk menggunakan aplikasi mobile banking, terlebih dahulu Anda harus mengunduh dan instal aplikasi di ponsel. Sementara itu, saat ingin mengakses layanan internet banking, Anda harus membuka website. 

Cara Daftar

Salah satu perbedaan mobile banking dan internet banking yakni pada cara pendaftarannya. Jika ingin mendaftar internet banking, Anda bisa melakukannya lewat mesin ATM terdekat. Cukup memasukkan kartu debit dan pin di mesin ATM. Kemudian memilih internet banking, lalu mengikuti panduan pendaftaran.

Sedangkan pendaftaran mobile banking bisa Anda lakukan lewat ponsel. Anda harus download aplikasi mobile banking terlebih dahulu. Selanjutnya, Anda bisa mengirim SMS sesuai format yang dikirimkan oleh bank. Apabila sudah terproses, Anda bisa melanjutkan pendaftaran dengan menginput identitas dan password

Limit Transaksi

Perbedaan internet banking dan mobile banking selanjutnya adalah pada limit transaksinya. Transaksi harian pada internet banking umumnya memiliki limit yang lebih besar dibanding mobile banking. 

Limit Mutasi

Limit mutasi rekening menjadi perbedaan dasar dari internet banking dan mobile banking. Mobile banking bisa menawarkan mutasi rekening hingga 12 bulan. Dengan adanya fitur ini, pengguna tidak perlu repot-repot pergi ke bank atau mesin ATM untuk melihat riwayat transaksi. 

Layanan 

Perbedaan internet banking dan mobile banking juga terdapat pada layanan yang diberikan. Mobile banking memiliki lebih banyak fitur dibandingkan internet banking. Apalagi fitur-fitur dalam mobile banking sangat menyesuaikan kebutuhan transaksi di era digital. Jadi penggunaan mobile banking lebih menguntungkan daripada internet banking.

Kelebihan Mobile Banking

Mobile banking memiliki banyak kelebihan yang memudahkan penggunanya dalam bertransaksi di era digital. Berikut sejumlah keuntungan yang akan Anda nikmati ketika menggunakan mobile banking. 

Transaksi Praktis

Salah satu keuntungan yang paling dirasakan oleh pengguna mobile banking adalah penggunaannya yang praktis. Mobile banking dapat memudahkan segala urusan Anda menjadi lebih efisien. 

Dengan mobile banking, Anda tidak perlu menghabiskan waktu dan energi untuk pergi ke ATM atau bank untuk melakukan transaksi. Anda bisa melakukan transaksi dari mana saja dan kapan saja cukup lewat mobile banking yang diakses dari smartphone. Mobile banking telah menyediakan fitur yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Keamanan Lebih Terjamin

Mobile banking menyediakan keamanan yang lebih terjamin dibanding ketika Anda bertransaksi secara tunai. Platform Mobile banking juga mempunyai sistem yang aman dan tidak perlu Anda khawatirkan. 

Anda akan mendapatkan keamanan jaringan maupun akses saat memakai mobile banking. Setiap akun mobile banking akan diberi password dan PIN untuk mengakses akun. Pastikan Anda menjaga kerahasiaan password dan PIN Anda. 

Tidak Termakan Biaya

Kelebihan lain yang akan Anda dapatkan adalah mudahnya proses mengunduh dan mendaftarnya. Kedua proses tersebut bisa Anda lakukan secara gratis alias tidak dipungut biaya. Anda hanya perlu menyediakan memiliki jaringan internet untuk bisa mengaksesnya. 

Mobile banking disediakan secara gratis tanpa biaya langganan dari pemakaian aplikasi. Anda tidak perlu cemas soal biaya untuk mengaksesnya. Karena Anda baru dikenakan biaya saat melakukan transaksi yang berkaitan dengan pihak ketiga. 

Mempunyai Banyak Fitur 

Banyaknya fitur yang disediakan dalam mobile banking juga memberikan keuntungan bagi penggunanya. Berbagai fitur tersebut bisa Anda manfaatkan untuk berbagai kebutuhan transaksi online secara mudah dan cepat. Misalnya, Anda bisa melakukan pembayaran melalui nomor virtual saat berbelanja online atau membayar tagihan listrik hanya dari ponsel. 

Demikianlah ulasan mengenai perbedaan internet banking dan mobile banking yang perlu Anda pahami. Penggunaan mobile banking kini sudah menjadi hal yang umum. Saat ini banyak orang lebih memilih bertransaksi memakai mobile banking karena lebih praktis dan efisien. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.