Digitalisasi UMKM, Layanan Grab dan OVO kini Terintegrasi dengan Aplikasi AYO SRC
(Ka-ki) Direktur Penjualan PT HM Sampoerna Tbk Ivan Cahyadi dan Country Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi (foto: Ist)

Bagikan:

JAKARTA - Grab Indonesia bekerja sama dengan PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) dengan mengintegrasikan berbagai layanan digital dari ekosistem Grab dan OVO ke aplikasi AYO SRC, yang merupakan platform ekosistem digital dari Sampoerna Retail Community (SRC). 

Kemitraan strategis digitalisasi UMKM melalui layanan QRIS OVO di toko kelontong SRC dan layanan pengantaran GrabExpress di aplikasi AYO SRC tersebut ditandai dengan berlangsungnya penandatanganan nota kesepahaman (MOU) yang dilakukan di Jakarta pada Selasa, 31 Januari kemarin. 

Sebagai penopang lebih dari 60% produk domestik bruto (PDB), UMKM berperan sangat penting dalam perekonomian di Indonesia. Dengan begitu, eksistensi toko kelontong perlu dipertahankan bersama, khususnya agar tetap berdaya saing di tengah perkembangan digitalisasi yang begitu cepat. 

Kombinasi adopsi digital dari berbagai layanan ekosistem Grab dan OVO berkolaborasi dengan ekosistem digital SRC, diharapkan dapat membantu UMKM toko kelontong semakin berdaya saing dan terus memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian di daerah masing-masing.

"Kerja sama ini didasari oleh kesamaan misi antara Grab dan PT SRCIS untuk mendorong manfaat digitalisasi agar dapat dinikmati berbagai lapisan masyarakat di Indonesia. Kolaborasi strategis ini merupakan bagian dari upaya untuk mendorong pencapaian target pemerintah dalam mendigitalisasi 30 juta UMKM pada tahun 2024," kata Director of Grab for Business, Grab Indonesia, Roy Nugroho. 

Mitra SRC kini dapat memanfaatkan layanan digital dari ekosistem Grab meliputi layanan pengantaran GrabExpress, penjualan berbagai produk digital serta ketersediaan QRIS OVO di toko kelontong SRC.

“Selain itu untuk pemilik Toko SRC sendiri, saya berharap kolaborasi dengan Grab ini mampu meningkatkan pelayanan digital kepada konsumen sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat secara lengkap," harap Direktur PT SRC Indonesia Sembilan, Rima Tanago. 

Melalui kemitraan strategis ini, toko kelontong yang tergabung dalam SRC untuk pertama kalinya dapat menawarkan layanan pengantaran pihak ketiga untuk mengirimkan belanjaan ke rumah konsumen melalui aplikasi AYO SRC dengan menggunakan layanan GrabExpress. 

Tak hanya itu, konsumen yang berbelanja secara offline akan mendapat kenyamanan dengan opsi pembayaran cashless, melalui ketersediaan QRIS OVO sehingga toko SRC dapat menjadi pilihan utama konsumen dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.