Grab Kembangkan Fitur Keselamatan Baru untuk Keamanan Perjalanan, Apa Saja?
Grab luncurkan fitur baru di aplikasinya (foto: dok. Grab)

Bagikan:

JAKARTA - Grab terus mengembangkan fitur-fitur layanan transportasi di aplikasinya guna meningkatkan prioritas keselamatan, keamanan, serta kenyamanan penumpang dan mitra pengemudinya.

Grab saat ini menyematkan 20 fitur keselamatan pada aplikasinya. Lima diantaranya adalah layanan telepon bebas pulsa, fitur chat dengan sensor kata otomatis, fitur bagikan informasi perjalanan, fitur untuk memastikan penumpang berada dalam rute yg sesuai, hingga sistem pengingat waktu istirahat bagi mitra pengemudi yang terdeteksi telah bekerja terlalu lama guna mencegah kelelahan dalam berkendara.

"Bagi Grab, memberikan perlindungan saat selama perjalanan merupakan prioritas utama. Hal ini tercermin dari upaya Grab untuk menyematkan beragam fitur keselamatan dengan pemanfaatan teknologi guna memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna,” ujar Mayang Schreiber, Chief Communications Officer, Grab Indonesia dalam sebuah rilis yang diterima di Jakarta. 

Mayang juga mengatakan bahwa Grab menggandeng lembaga resmi bersertifikasi untuk memberikan pelatihan mengenai tindak pencegahan kekerasan dan pelecehan seksual hingga konseling pasca perjalanan bagi pengguna yang membutuhkan. Dengan harapan untuk menciptakan rasa #PercayaAman saat menggunakan layanan.

Layanan Telepon Bebas Pulsa: Menggunakan teknologi VoIP (Voice over Internet Protocol) akan membuat komunikasi antara penumpang dan mitra pengemudi tidak hanya tetap terjaga privasinya tapi juga bebas biaya.

Fitur Chat dengan Sensor Kata Otomatis: Dengan teknologi machine learning, fitur chat Grab dapat secara otomatis memblokir kata-kata sensitif atau tidak pantas. Jika terdapat kata-kata yang belum terdaftar di aplikasi, Grab menyediakan Tim Quality Assurance untuk memantau percakapan dan melakukan pemblokiran manual untuk kata-kata sensitif atau tidak pantas antara penumpang dan mitra pengemudi.

Bagikan Informasi Perjalanan: Penumpang kini dapat membagikan informasi perjalanan secara real time ke keluarga atau kerabat penumpang dalam format tautan atau link untuk memantau perjalanan status perjalanan, status mitra pengemudi, hingga pelacakan untuk perjalanan yang sedang berlangsung.

Sistem Pengecekan Jika Perjalanan Tidak Sesuai: Grab akan otomatis mengirimkan pesan untuk mengecek jika perjalanan yang terdeteksi berhenti tiba-tiba atau ke luar rute yang ditentukan berdasarkan pantauan sinyal GPS atau kondisi lalu lintas.

Sistem Pengingat bagi Mitra Pengemudi untuk Beristirahat: Grab akan mengirimkan pengingat secara otomatis kepada mitra pengemudi yang terdeteksi telah bekerja/mengemudi melebihi waktu tertentu, untuk menghindari risiko kecelakaan akibat kelelahan.