JAKARTA – Perusahaan taksi otonom Waymo telah membuka layanan ride-hail sepenuhnya tanpa pengemudi di pusat kota Phoenix. Layanan ini bisa digunakan untuk semua anggota masyarakat secara umum dalam upaya perluasan teknologi yang signifikan di kota besar.
Berita itu muncul sehari setelah Waymo mendapatkan izin penyebaran taksi tanpa pengemudi dari Departemen Kendaraan Bermotor California, yang memungkinkan Waymo mengenakan biaya untuk layanan otonom, seperti pengiriman, di San Francisco, dan ini merupakan langkah menuju penyebaran taksi tanpa pengemudi penuh di negara bagian itu.
Waymo, anak perusahaan dari induk Google, Alphabet, sebelumnya telah mengoperasikan layanan taksi tanpa pengemudi di pusat kota Phoenix hanya untuk orang-orang dalam program 'penguji tepercaya'.
The time has come: #WaymoOne is now open to the public in Downtown Phoenix. And this is just the beginning… https://t.co/heV3dki3e5
— Waymo (@Waymo) November 10, 2022
Penguji tepercaya dilarang berbagi pengalaman mereka di media sosial atau dengan jurnalis dan harus menandatangani perjanjian kerahasiaan.
Penawaran Waymo di pusat kota Phoenix akan memungkinkan siapa saja yang mengunduh aplikasi dan meminta tumpangan di area layanan Waymo untuk membayar apa yang perusahaan sebut sebagai pengalaman 'khusus pengendara' di salah satu armada Jaguar I-Pace EV-nya.
Dilansir TechCrunch, awal bulan ini, Waymo juga meluncurkan wahana, namun masih dengan pengemudi di kursi depan, ke bandara Phoenix dari pusat kota.
Waymo saat ini memiliki lebih dari 700 kendaraan dalam armadanya, yang mencakup campuran Jaguar I-Pace EV dan minivan Chrysler Pacifica Hybrid serta truk Kelas 8.
Sebagian besar kendaraan ini berlokasi di Arizona, California dan Texas serta digunakan dalam pengujian dan operasi komersial.
Waymo berencana untuk memperluas ke bagian lain dari Phoenix dalam beberapa bulan mendatang. Ini kemungkinan akan memberikan penawaran tanpa pengemudi ke dan dari bandara kepada karyawannya sendiri terlebih dahulu dan kemudian penguji tepercaya, baru diikuti penawaran ke publik.
Namun, perusahaan masih memiliki sejumlah kendala yang harus diatasi sebelum teknologi tersebut dirilis secara luas dan dianut oleh publik.
BACA JUGA:
Misalnya, Waymo masih perlu mendapatkan izin taksi tanpa pengemudi dari Komisi Utilitas Publik California sebelum dapat mulai menagih pelanggan untuk mengendarai kendaraan otonom sepenuhnya di negara bagian tersebut.
Pada Agustus lalu, layanan taksi Waymo yang sepenuhnya tanpa pengemudi mencakup Lembah Timur California yang mencakup sebagian Chandler, Gilbert, Mesa dan Tempe. Di area itu, layanan ini telah menempuh lebih dari 500.000 mil otonom dan telah menyelesaikan puluhan ribu perjalanan dalam mode khusus pengendara sejak Oktober 2020.
Pada saat itu hanya terbuka untuk penguji tepercaya, Walikota Phoenix Kate Gallego sempat berbagi pengalamannya dengan layanan di Twitter.
“Saya memiliki kesempatan untuk melakukan perjalanan satu-satunya pengendara pertama saya dengan teknologi mengemudi sepenuhnya otonom #WaymoDriver @Waymo. Fenisia, saya tidak sabar menunggu Anda mengalaminya sendiri! Lihat aplikasi Waymo One untuk mempelajari lebih lanjut.”
Ekspansi terbaru ini muncul setelah kecelakaan pada tahun-tahun sebelumnya yang melibatkan kendaraan otonom.
Menurut NHTSA, unit mobil self-driving Alphabet Waymo dilaporkan terdapat 62 kecelakaan selama setahun terakhir. Sementara General Motors dengan produk Cruise, yang digunakan di San Francisco sebagai taksi tanpa pengemudi, juga memiliki laporan 23 kecelakaan.
Mobil yang diproduksi oleh Tesla milik Elon Musk juga terlibat dalam sebagian besar insiden itu, sebanyak 273 dari 392, yang terjadi antara 1 Juli 2021 dan 15 Mei tahun ini. Meskipun Tesla menyumbang sekitar 70 persen dari kecelakaan, namun pembuat mobil telah menghasilkan bagian yang jauh lebih besar dari semua kendaraan self-driving atau assist-driving yang saat ini ada di jalan-jalan Amerika.
Antara Juni 2021 dan Mei 2022, Waymo melaporkan total 19.625 perjalanan di San Francisco dan mengatakan memiliki puluhan ribu dalam daftar tunggu penguji tepercaya di sana. Waymo diharuskan menyerahkan laporan perjalanan triwulanan ke Komisi Utilitas Publik California.