Zeekr  Bakal Sediakan Taksi Otonom  untuk Waymo, Beroperasi Secara Luas di AS
Zeekr, akan membuat kendaraan listrik untuk Waymo. (foto; waymo.com)

Bagikan:

JAKARTA - Geely Holding China mengatakan merek mobilitas listrik premiumnya, Zeekr, akan membuat kendaraan listrik untuk Waymo, unit self-driving  dari Alphabet Inc, untuk digunakan sebagai kendaraan ride-hailing yang sepenuhnya otonom di seluruh Amerika Serikat.

Kendaraan itu akan dirancang dan dikembangkan di fasilitas Zeekr di Swedia, dan kemudian diintegrasikan dengan teknologi self-driving Waymo, kata sumber Geely pada Selasa, 28 Desember, yang dikutip Reuters.

Waymo mengatakan akan memperkenalkan kendaraan tersebut ke jalanan di  AS "pada tahun-tahun mendatang."

Gambar konsep Waymo yang diterbitkan pada Selasa lalu menunjukkan minivan yang lapang dan rendah dengan tempat duduk untuk sekitar lima pengendara dan pintu geser di setiap sisi yang berfungsi sebagai satu-satunya pintu masuk.

Waymo adalah layanan taksi tanpa pengemudi pertama dan satu-satunya di Amerika Serikat. Taksi ini telah menarik minat ribuan orang sejak meluncurkan layanannya setahun yang lalu di Phoenix.

Kemitraan dengan Zeekr akan membantu Waymo memperluas layanan ride-hailing tanpa pengemudi dalam menghadapi persaingan yang meningkat, dan juga menciptakan terobosan untuk merek Cina, Geely, ke pasar AS..