Waymo Segera Luncurkan Minivan Listrik  Otonom, Kendaraan Tanpa Stir, Pedal dan Spion
Waymo akhirnya meluncurkan minivan listrik otonom tanpa roda stir. (foto: twitter @TheAutonocast)

Bagikan:

JAKARTA - Waymo akhirnya meluncurkan minivan listrik otonom tanpa roda stir (kemudi), pedal, atau spion yang menjadi pertaruhan mereka untuk masa depan ride-hailing.

Perusahaan, yang merupakan anak perusahaan dari induk Google, Alphabet, bermitra dengan merek Zeekr dari Geely Group dan telah merancangnya sebagai kendaraan listrik 'transportasi sebagai layanan (TaaS) yang dioptimalkan'.

Waymo saat ini menawarkan beberapa bentuk layanan robotaxi di dua negara bagian, Arizona dan California, dan memamerkan minivan tersebut di acara pers Los Angeles minggu ini.

Kendaraan putih yang tampak ramping itu memiliki pintu geser yang mengingatkan pada kereta bawah tanah di New York, tetapi tidak memiliki roda, kaca spion, atau pedal.

Di dalam, terdapat tiga layar sentuh di mana penumpang dapat memutar musik atau memilih tujuan dan terdapat ruang yang cukup untuk lima orang.

"Kendaraan dapat menjadi tempat untuk menjamu teman, kantor yang dapat dipindahkan untuk rapat, ruang untuk anak-anak belajar, atau ruang bersantai untuk bersantai dan menikmati ZZZ," kata Geely dalam siaran pers. “Pengguna hanya perlu melangkah masuk dan bersantai saat bepergian.”

Menurut ArsTechnica, ada sensor silinder yang diulang enam kali pada kendaraan, yang kemungkinan besar adalah LIDAR, ditambah sensor tambahan yang dipasang lebih rendah di bagian depan dan belakang.

“Pembukaan SEA-M ZEEKR telah menunjukkan kekuatan dan potensi teknologi merek tersebut. Ke depan, ZEEKR akan terus bekerja dengan mitra global yang hebat untuk mendukung mobilitas cerdas yang lebih baik dan lebih berkelanjutan untuk semua,” kata CEO ZEEKR Andy AN, yang dikutip Daily Mail.

Waymo pekan lalu sudah membuka layanan perjalanan tanpa pengemudi di pusat kota Phoenix untuk masyarakat umum dalam perluasan teknologi yang signifikan di kota besar.

Berita itu muncul sehari setelah Waymo mendapatkan izin penerapan taksi tanpa pengemudi dari Departemen Kendaraan Bermotor California, yang memungkinkan Waymo mengenakan biaya untuk layanan otonom, seperti pengiriman, di San Francisco  dan ini merupakan langkah menuju penerapan taksi tanpa pengemudi penuh di negara bagian itu.

Perusahaan sebelumnya telah mengoperasikan layanan tanpa pengemudi di pusat kota Phoenix hanya untuk orang-orang dalam program penguji tepercaya.

Penawaran Waymo di pusat kota Phoenix akan memungkinkan siapa saja yang mengunduh aplikasi dan menumpang di area layanan Waymo untuk membayar apa yang disebut perusahaan sebagai pengalaman khusus pengendara di salah satu armada Jaguar I-Pace EVs-nya.

Menurut TechCrunch, awal bulan ini, Waymo juga meluncurkan wahana, dengan pengemudi di kursi depan, ke bandara Phoenix dari pusat kota,

Perusahaan saat ini memiliki lebih dari 700 kendaraan dalam armadanya, yang mencakup campuran minivan Jaguar I-Pace EVs dan Chrysler Pacifica Hybrid serta truk Kelas 8.

Sebagian besar kendaraan ini berlokasi di Arizona, California, dan Texas dan digunakan dalam pengujian dan operasi komersial.