Waymo Klaim Ribuan Orang Kini Masih Menunggu Layanan Taksi Otonom Mereka
Taksi Otonom dari Waymo dalam tahap uji coba di San Francisco. (foto: waymo)

Bagikan:

JAKARTA – Waymo telah memberi ratusan orang tumpangan robotaxi sejak uji cobanya di San Francisco pada Agustus lalu. Sementara puluhan ribu penduduk lagi masih berada dalam daftar tunggu, kata co-chief executive perusahaan Alphabet Inc  pada Jumat, 3 Desember dalam sesi konferensi  di Reuters Next.

Waymo adalah salah satu dari sedikit perusahaan di seluruh dunia yang memiliki miliaran dolar dalam pembiayaan untuk mengembangkan mobil dan truk yang dapat mengemudi sendiri.

Namun kemajuan menuju layanan skala luas berjalan lambat. San Francisco, kota berpenduduk hampir 900.000 orang, hanyalah tempat uji coba kedua untuk layanan penumpang Waymo, yang didirikan pada 2009.

"Kami sedang membangun bisnis. Jadi kami benar-benar fokus pada bagaimana mengkomersialkan teknologi ini," kata Co-CEO, Tekedra Mawakana, seraya menambahkan bahwa mereka sedang mencari cara untuk memanfaatkan pasar untuk layanan transportasi online, truk, pengiriman lokal dan akhirnya untuk kepemilikan mobil pribadi.

Waymo pada bulan Agustus mulai memberikan tumpangan otonom, yang gratis, kepada sejumlah orang di San Francisco dengan pengemudi keselamatan menggunakan kendaraan listrik Jaguar-nya.

Waymo sengaja memilih penguji yang beragam, kata Mawakana, untuk memastikan umpan balik mewakili populasi yang lebih luas. Misalnya, setengah dari pengendara San Francisco adalah wanita.

"Di San Francisco, kami sangat fokus untuk memastikan bahwa ada keragaman gender karena keselamatan dan transportasi adalah masalah seperti itu. Tidak hanya keselamatan di jalan, tetapi juga keselamatan fisik," katanya seperti dilaporkan Reuters.

Perusahaan juga telah menawarkan tumpangan berbayar di minivan tanpa pengemudi di luar Phoenix sejak Oktober 2020 dan mengangkut barang menggunakan semi-truk otonom di Texas selama beberapa bulan.

Pada bulan September, Waymo dan saingannya Cruise, yang didukung oleh General Motors Co menerima salah satu dari dua izin peraturan untuk menawarkan tumpangan otonom kepada penumpang di California.

Awal tahun depan, Waymo akan mengirimkan bahan makanan yang dipesan dari salah satu toko Safeway di San Francisco untuk memilih karyawan Waymo dan Safeway.