Inilah Calon Armada Taksi Otonom Selanjutnya
CM1e. (Foto: Joe Lorio/CAR AND DRIVER)

Bagikan:

JAKARTA - Zeekr merupakan bagian dari kelompok Geely yang juga memiliki merek-merek terkemuka lainnya seperti Volvo, Polestar, Lotus, dan Lynk & Co.

Dengan ekspansi mereka ke pasar Eropa dan Amerika Serikat melalui model-model seperti hatchback 001, minivan 009, dan kendaraan listrik entry-level X, Zeekr semakin menegaskan posisinya sebagai pemain utama dalam industri otomotif yang ramah lingkungan.

Salah satu yang menarik dari Zeekr adalah minivan listrik CM1e, yang kini tengah didaftarkan menjadi taksi otonom terbaru yang diajukan ke Waymo, di AS.

Waymo sendiri adalah perusahaan pengembangan teknologi self-driving yang berada dalam perusahaan induk Google, Alphabet, yang bermula pada tahun 2009 ketika Google mulai merancang teknologi mobil otonom.

Apa yang menarik dari mobil ini? CM1e didesain secara khusus di Swedia dan memang difungsikan untuk menjadi taksi otonom.

5

Mobil ini dilengkapi dengan pintu geser ganda di bagian tengah pada kedua sisi, tanpa pilar B. Dua kursi depan dilengkapi dengan sandaran tangan yang bisa dilipat, di belakangnya terdapat kursi belakang untuk tiga penumpang. Kursi dan dasbor dilapisi dengan bahan daur ulang yang menyerupai wol, yaitu Econyl, yang dibuat dari limbah laut seperti jaring-jaring perikanan. Dua pod di dasbor masing-masing menampung satu kantung udara, dan di antara keduanya terdapat layar tampilan yang disediakan oleh Waymo.

6

Zeekr mengklaim bahwa CM1e mampu mencapai kecepatan 0 hingga 100 km/jam waktu sekitar 8 detik, dengan kecepatan maksimal mencapai 140 km/jam.

Nah, konsep CM1e tidak dilengkapi dengan setir, namun versi produksi nantinya akan dilengkapi dengan setir sampai aturan setir otonom diperbolehkan oleh regulasi setempat. Sistem kemudi dan pengereman dilakukan secara by-wire. Seluruh perangkat keras untuk kendaraan otonom ini nantinya dipasok oleh Waymo.

Jika Waymo menerima proposal Geely, dilansir Caranddriver, 1 November, maka Waymo akan memiliki dan mengoperasikan kendaraan tersebut, sementara Zeekr akan bertanggung jawab dalam pembuatan kendaraan.

Zeekr mengatakan bahwa mereka berencana untuk mengajukan prototipe CM1e mereka ke Waymo pada akhir tahun ini, namun belum ada informasi pasti kapan kendaraan tersebut akan mulai beroperasi.