Waymo  Mulai Tawarkan Layanan Robotaxi Tanpa Pengemudi Gratis di Los Angeles
Waymo, mulai menawarkan layanan robotaxi tanpa pengemudi secara gratis di Los Angeles (foto: x @waymo)

Bagikan:

JAKARTA – Anak perusahaan Alphabet's, Waymo, mengumumkan pada   Rabu 13 Maret bahwa mereka akan mulai menawarkan layanan robotaxi tanpa pengemudi secara gratis kepada sejumlah anggota masyarakat di Los Angeles mulai Kamis ini.

Perusahaan ini telah menerima persetujuan dari Komisi Utilitas Publik California (CPUC) awal bulan ini untuk memulai program ride-hailing mereka, Waymo One, di Los Angeles dan beberapa kota di dekat San Francisco.

Rencana terbaru Waymo membuatnya berada di depan pesaingnya Cruise. Apalagi perusahaan yang dimiliki oleh General Motors itu saat ini sedang diawasi setelah mobil Cruise tanpa pengemudi menyeret seorang pejalan kaki sejauh 20 kaki setelah kecelakaan.

Perusahaan tersebut mengatakan layanan akan tersedia di area seluas 63 mil persegi dari Santa Monica hingga pusat kota Los Angeles, dan menambahkan bahwa perjalanan awal akan gratis.

"Kami akan secara permanen menyambut penumpang ke dalam layanan kami, secara bertahap memasukkan lebih dari 50.000 orang dalam daftar tunggu kami di LA dan terus memberikan kode sementara pada acara lokal di seluruh kota," kata Waymo dalam sebuah pos blog.

Perusahaan tersebut juga menambahkan bahwa mereka akan memperluas operasinya di Los Angeles dari waktu ke waktu dan beralih ke layanan berbayar dalam beberapa minggu mendatang.

Waymo memulai layanan otonom untuk karyawannya di Austin, Texas, menjadikannya kota ride-hailing otonom keempat setelah San Francisco, Phoenix, dan Los Angeles.

Perusahaan berencana untuk menawarkan Waymo One kepada masyarakat umum di Austin lebih lanjut dalam tahun ini.