Sensor Tower: Pemasangan Twitter Naik di Tengah Drama Perombakan oleh Elon Musk
Jumlah pemasangan Twitter naik (foto: Sensor Tower)

Bagikan:

JAKARTA - Perombakan yang dilakukan oleh pemilik baru Twitter, Elon Musk justru menyebabkan adanya lonjakan pemasangan, pengeluaran, dan penggunaan untuk aplikasi selulernya.

Menurut analisis dari Sensor Tower Store Intelligence yang dibagikan di situs resminya, setelah akuisisi diselesaikan, aplikasi seluler Twitter telah mendapatkan 7,6 juta penginstalan di seluruh dunia.

Penggunaan harian aplikasi seluler Twitter juga mengalami sedikit peningkatan, naik 2 persen dalam 12 hari setelah akuisisi jika dibandingkan dengan periode sebelumnya.

Di sisi lain, Mastodon dan Tumblr yang muncul sebagai alternatif platform media sosial selain Twitter di AS menjadi aplikasi Jejaring Sosial teratas berdasarkan pertumbuhan di AS pada minggu tanggal 31 Oktober. Mastodon dan Tumblr masing-masing berada di posisi pertama dan keempat.

Sensor Tower melihat, Mastodon memiliki sekitar 322.000 penginstalan dari toko aplikasi AS dalam periode 27 Oktober-7 November, meningkat 100 kali lipat dari 3.000 yang dilihatnya pada periode sebelumnya (15 Oktober hingga 26 Oktober).

Secara global, aplikasi tumbuh 657 persen menjadi 1 juta dalam 12 hari setelah penyerahan dari 15.000 pada periode sebelumnya.

Sedangkan Tumblr, melihat lebih banyak pertumbuhan di AS daripada secara global, di mana aplikasi naik 96 persen menjadi 92.000 dari 47.000. Pemasangan di seluruh dunia untuk Tumblr melonjak 77 persen menjadi 301.000 dari 170.000.

Sensor Tower memprediksi pergolakan dalam dua minggu terakhir kemungkinan akan berlanjut dalam jangka pendek karena Twitter meluncurkan fitur dan kebijakan dengan cepat di bawah kepemimpinan barunya. Namun, dampak jangka panjangnya masih belum ditentukan.

"Pendatang baru mungkin memiliki kesempatan untuk mengukir ceruk untuk diri mereka sendiri, meskipun mereka pasti akan menghadapi tantangan dari platform sosial yang ada seperti Tumblr," tulis perusahaan.