Tren Sosmed Q1 2023, Twitter Jadi Satu-satunya Aplikasi yang Alami Penurunan Pengguna
Tren aplikasi media sosial oleh Sensor Tower (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Perkembangan dan penggunaan platform media sosial seperti Twitter dan Instagram kian meningkat, hal tersebut diakibatkan terutama oleh adanya pandemi COVID-19, sejak 2020 lalu. 

Dari berbagai media sosial yang ada, data Sensor Tower menunjukkan bahwa Snapchat adalah satu-satunya aplikasi media sosial yang membukukan pertumbuhan pengguna Year of Year (YoY) dua digit, dengan Pengguna Aktif Harian (DAU) meningkat sebesar 13 persen di Q1 2023.

Berikut perbandingan aplikasi sosial teratas untuk Pengguna Aktif Harian di Q1 2023:

  • Snapchat +13 persen vs +15 persen di Q1 22
  • Instagram +5 persen vs +18 persen di Q1 22
  • TikTok +4 persen vs +43 persen di Q1 22
  • Facebook +1 persen vs +4 persen di Q1 22
  • Twitter -3 persen vs +11 persen di Q1 22

Berdasarkan data tersebut, Twitter adalah satu-satunya aplikasi media sosial yang mengalami tren penurunan pertumbuhan pengguna, karena sempat menghadapi beberapa kendala pasca akuisisi Elon Musk.

Sedangkan TikTok, terlepas dari banyaknya larangan yang dihadapi, aplikasi ini tetap menjadi salah satu pemimpin dalam keterlibatan per pengguna, tetapi tren YoY melambat TikTok melambat jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. 

Selanjutnya, Sensor Tower juga menemukan bahwa platform Meta, Facebook dan Instagram melihat pertumbuhan signifikan dalam waktu yang dihabiskan di Q1 23. Facebook tumbuh 12 persen (1,3 miliar jam/hari) sementara Instagram meningkat 16 persen (935 juta jam/hari).