Elon Musk Tolak Gabung Dewan Twitter, Tapi Saham Sudah Naik 10 Persen Lagi
Elon Musk akhirnya memilih untuk tidak bergabung dengan dewan Twitter. (foto: twitter @elonmusk)

Bagikan:

JAKARTA - Elon Musk akhirnya memilih untuk tidak bergabung dengan dewan Twitter. Hal ini ditegaskan oleh CEO jejaring sosial itu, Parag Agrawal, Minggu, 10 April. Musk menolak tawaran sebelumnya dari Agrawal agar ia duduk di salah satu kursi dewan Twitter.

“Kami mengumumkan pada  Selasa bahwa Elon akan diangkat ke Dewan berdasarkan pemeriksaan latar belakang dan penerimaan formal. Penunjukan Elon ke dewan akan efektif secara resmi pada 4/9, tetapi Elon mengatakan pada pagi yang sama bahwa dia tidak akan lagi bergabung dengan dewan, ”kata Agrawal dalam sebuah tweet.

“Kami memiliki dan akan selalu menghargai masukan dari pemegang saham kami apakah mereka ada di Dewan kami atau tidak. Elon adalah pemegang saham terbesar dan kami akan tetap terbuka untuk masukannya,” tambah Agrawal.

Pengungkapan dari Agrawal, yang mengatakan minggu lalu bahwa dia telah terlibat dengan Musk selama "beberapa minggu" saat mengumumkan pengangkatannya ke dewan. Ini  mengikuti tweet yang tidak biasa dari CEO SpaceX itu selama akhir pekan,  di mana dia melakukan polling untuk  lebih dari 80 juta pengikutnya.

Polling juga sempat mempertanyakan  apakah Twitter sedang sekarat, mengutip frekuensi tweet yang rendah dari beberapa kepribadian paling populer di jejaring sosial. Musk juga bertanya kepada pengikutnya apakah Twitter harus mengubah markas besarnya di San Francisco menjadi tempat penampungan tunawisma.

Bergabung dengan dewan Twitter akan mengharuskan Musk untuk membatasi kepemilikan keseluruhannya atas jejaring sosial sebesar 14,9%.

“Saya sangat senang Elon bergabung dengan dewan Twitter! Dia sangat peduli dengan dunia kita dan peran Twitter di dalamnya," kata Jack Dorsey, salah satu pendiri dan mantan kepala eksekutif Twitter, tentang berita Musk bergabung dengan dewan Twitter.

“Parag dan Elon sama-sama memimpin dengan hati mereka, dan mereka akan menjadi tim yang luar biasa,” ujar  Dorsey. Namun pendiri Twitter ini  belum mengomentari perkembangan baru tentang keputusan Musk.

Musk sendiri telah membeli 9,2% saham Twitter, menurut pengumuman yang dia buat awal bulan ini. Saham Twitter melonjak sebanyak 30% karena berita Musk membeli saham tersebut, dan 10% lagi ketika penunjukannya ke dewan diumumkan pada hari berikutnya.

“Dewan dan saya banyak berdiskusi tentang Elon bergabung dengan dewan, dan dengan Elon secara langsung,” kata Agrawal dalam tweet Senin, 11 April.

“Kami sangat bersemangat untuk berkolaborasi dan menjelaskan tentang risikonya. Kami juga percaya bahwa memiliki Elon sebagai fidusia perusahaan di mana dia, seperti semua anggota dewan, harus bertindak demi kepentingan terbaik perusahaan dan semua pemegang saham kami, adalah jalan terbaik ke depan,” kata Agrawal.

Elon tidak mengatakan apa alasannya  berinvestasi di Twitter. Akan  tetapi waktu  dia mengungkapkan keprihatinan tentang kebebasan berbicara dan penyensoran di Twitter. Analis di Bernstein, bagaimanapun, percaya bahwa minat Musk di Twitter sebagian besar bersifat pribadi.

“Dia bergabung dengan 15+ miliarder lainnya dalam kepemilikan media, termasuk Bezos dengan WaPo. Kami melihat minat tersebut sebagai gangguan potensial bagi Musk dan pemegang saham Tesla, mengingat Musk bisa dibilang sudah terlalu berkomitmen, dan semangatnya untuk topik sensor/kebebasan berbicara tinggi,” tulis mereka dalam sebuah catatan, yang dikutip Tech Crunch.

Selama akhir pekan, Musk juga menyarankan bahwa Twitter harus mempertimbangkan untuk memberikan tanda centang otentikasi kepada siapa saja yang berlangganan layanan berlangganan bulanan  sebesar 3 dolar AS (Rp43 ribu), Twitter Blue.

“Dan tidak ada iklan,” kata Musk, menguraikan fitur-fitur Twitter Blue. “Kekuatan perusahaan untuk mendikte kebijakan sangat meningkat jika Twitter bergantung pada uang iklan untuk bertahan hidup,” ungkap Musk.