3 Cara Membuat Cream Cheese Sendiri di Rumah dengan Bahan yang Mudah Didapat
Ilustrasi cream cheese (Gaelle Marcel on Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Cara membuat cream cheese ternyata mudah dilakukan. Bahkan Anda bisa membuatnya sendiri di rumah daripada membeli yang sudah jadi dengan harga yang cukup mahal untuk sajian kuliner Anda.

Membuat cream cheese secara mandiri juga dinilai lebih lezat karena bisa dibuat sesuai selera, mulai dari tingkat kemanisan hingga teksturnya bisa diatur sendiri. Bagi Anda yang ingin mencoba, ikuti beberapa cara berikut ini.

Cara Membuat Cream Cheese

Cream cheese atau krim keju adalah olahan susu yang diolah menjadi krim keju yang rasanya lembut, halus, dan fungsinya serbaguna. Krim keju biasanya digunakan untuk adonan atau toping kue, minuman, atau sajian kuliner manis lainnya.

Cara membuat krim keju juga sangat mudah dari dugaan. Anda cukup menambahkan garam dan zat asam (bisa bersumber dari jus lemon)ke dalam krim atau susu. Lebih lengkapnya berikut ini resep dan cara membuat krim keju.

  1. Resep Cream Cheese I

Sediakan 1 cangkir susu tepung, 3 cangkir air (Susu tepung Fernleaf full cream) atau 1 liter susu segar, segelas jus lemon atau Anda bisa menggunakan cuka makanan, dan sedikit garam.

Setelah bahan siap, langkah pertama adalah rebus susu dengan api sedang namun jangan sampai mendidih. Setelah itu masukkan cairan asam (lemon/cuka) ke dalam susu yang telah dipanaskan lalu aduk dengan pelan. Diamkan selama 5-10 menit agar cairan tersebut menggumpal. Jika penggumpalan tak kunjung terjadi, Anda bisa menambahkan cuka lagi sedikit.

Jika sudah menggumpal, lakukan penyaringan dengan saringan lembut. Setelah kadar air berkurang banyak, masukkan ke dalam blender lalu tambah garam. Setelah itu krim keju sudah jadi.

  1. Resep Cream Cheese II

Bahan yang dibutuhkan adalah 1 liter susu full cream, 3 sendok makan (sdm) air perasan lemon atau bisa menggunakan jeruk nipis atau cuka putih, dan 1/2 sendok teh (sdt) garam.

Langkah pertama adalah rebus susu hingga suhu sedang, setelah itu masukkan cairan asam perlahan sesendok demi sesendok sembari diaduk pelan hingga menggumpal.

Setelah menggumpal matikan api lalu saring gumpalan tersebut dengan saringan halus. Yang akan digunakan adalah ampas yang tak mengandung air. Setelah itu masukkan gumpalan tersebut ke blender lalu beri sedikit garam. Garam juga berfungsi untuk mengurang kadar air. Setelah itu krim keju sudah jadi.

  1. Resep Cream Cheese III

Bahan yang dibutuhkan adalah 2 cangkir susu sapi murni, 2 cangkir krim kental, 3 sdm air lemon, garam, dan Daun bawang (opsional).

Pertama-tama, panaskan susu sapi dalam panci dengan api sampai mendidih. Setelah itu campurkan air lemon sedikit demi sedikit sambil diaduk. Nanti susu akan menggumpal. Setelah itu angkat panci dan matikan api. Diamkan gumpalan selama 5 menit.

Setelah itu saring gumpalan hingga kadar air hilang. Anda bisa menggunakan kain khusus atau saringan biasa. Setelah kadar air hilang, masukkan ampas ke dalam blender dan campurkan garam sedikit. Setelah halus Anda bisa menyimpan krim keju ke kulkas.

Cream cheese tidak hanya melezatkan hidangan namun juga memiliki khasiat baik untuk tubuh seperti jadi sumber vitamin A hingga jadi antioksidan. Anda bisa menggunakan krim keju sebagai selain roti tawar atau roti kering.

Selain terkait cara membuat cream cheese, dapatkan informasi menarik lainnya di VOI.ID.