7 Makanan Terbaik yang Dimakan saat Pilek dan Flu, Cocok Dijadikan <i>Comfort Food</i>
Ilustrasi makanan terbaik saat pilek dan flu (Freepik/gpoinstudio)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Pilek dan flu jadi situasi buruk karena menyebabkan nafsu makan hilang. Tetapi kalau Anda mengalaminya, tetap membutuhkan asupan bernutrisi sekaligus comfort food yang membuat tubuh tetap bertahan. Menurut konsultan nutrisi Monica Auslander Moreno, RD., pilek dan flu disebabkan oleh virus. Makanan terbaik yang dapat mempercepat pemulihan, diantaranya sebagai berikut.

1. Sup ayam

Ada alasan kenapa makan makanan hangat saat pilek dan flu sangat bikin nyaman. Ini karena saat hidung tersumbat dan pilek, sup ayam tidak hanya menyediakan cairan yang dibutuhkan tubuh tetapi juga melawan virus. Makan makanan hangat juga mengurangi peradangan. Dalam sup ayam, campurkan dengan wortel, seledri, dan bawang. Ketiganya menyediakan vitamin C, A, dan jika ditambah ayam akan lengkap memenuhi kebutuhan akan protein dan seng.

makanan terbaik saat pilek dan flu
Ilustrasi makanan terbaik saat pilek dan flu (Freepik/cookie_studio)

2. Buah jeruk

Buah jeruk banyak mengandung vitamin C dan antioksidan yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Dalam kondisi tubuh sehat pun, Anda perlu membiasakan makan jeruk karena bisa diandalkan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

3. Teh jahe

Jahe dikenal sebagai salah satu bahan makanan dan minuman terbaik untuk flu berkat mengandung seskuiterpen. Kandungan tersebut, dilansir Women’s Health, Kamis, 24 Agustus, membantu membentengi tubuh dari rhinovirus, keluarga virus flu yang paling umum serta zat yang menekan batuk. Di samping kandungan tersebut, jahe juga bersifat anti-inflamasi karena memiliki gingerol. Jadi, Anda bisa menambahkan beberapa sendok jahe parut dalam sup. Bisa juga membuat teh jahe untuk minuman penghangat.

4. Bawang putih, bawang merah, dan daun bawang

Bawang putih dan merah serta daunnya, bisa membantu melawan serangan flu. Menurut Moreno, bawang putih mengandung allicin yang dikaitkan dengan sifat antibakteri, antijamur, antivirus, antiparasit, dan antioksidan. Tambah Kristin A.R. Gustashaw dari Universitas Rush di Chicago, Makanan ini juga merupakan sumber vitamin C yang baik, dan dapat membantu meningkatkan fungsi penghalang usus.

makanan terbaik saat pilek dan flu
Ilustrasi makanan terbaik saat pilek dan flu (Freepik/chandlervid85)

5. Ikan berlemak

Apakah Anda pernah membayangkan betapa nyamannya mengonsumsi pepes ikan hangat atau steam ikan? Betul, ikan yang berlemak membantu meningkatkan vitamin D dalam tubuh yang bermanfaat menjaga sistem kekebalan tetap kuat. Ikan berlemak seperti ikan salmon, membantu mempertahankan kadar darah optimal saat tubuh tak mendapatkan cukup paparan matahari. Bonusnya, vitamin D juga menguatkan tulang dan melawan jenis kanker tertentu.

6. Kari kambing atau domba

Masakan berbahan kambing atau domba adalah salah satu makanan terbaik saat pilek dan flu karena mengandung tinggi seng. Penelitian menemukan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya mengandung seng pada awal pilek memperpendek masa pilek sehari meskipun tetap membutuhkan tablet pencegahan untuk mengurangi tingkat keparahan.

7. Tomat

Kalau Anda menjalani diet vegan, maka sup tomat juga bisa dijadikan alternatif sup ayam. Menurut penelitian yagn diterbitkan dalam The Journal of American College of Nutrition, tomat kaya likopen sebagai antioksidan. Makan makanan tinggi likopen selama delapan minggu dapat menurunkan penanda stres oksidatif atau ketidakseimbangan radikal bebas yang terjadi selama infeksi.

Ketujuh makanan terbaik yang dikonsumsi saat pilek dan flu di atas, bisa Anda jadikan referensi. Bisa pula memakai bahan di atas untuk olahan hidangan Anda di rumah.