Bagikan:

YOGYAKARTA – Jajanan tepi jalan atau disebut street food merupakan jajanan yang paling mudah diakses karena menggelar lapak jualan di ruang publik dan harga terjangkau. Versi TasteAtlas, sejumlah daftar street food Indonesia termasuk jajanan terbaik dan populer di dunia. Sudah tahu apa saja? Ini dia daftarnya.

1. Pisang goreng dan tempe mendoan

Gorengan adalah salah satu makanan paling mudah ditemukan. Penjualnya membuka lapak dari pagi hingga malam, sehingga bisa dibeli kapan pun. Dua makanan ini, juga termasuk the best street food di dunia. Kalau variasi pisang goreng, tentu sangat beragam di Indonesia. Mulai dari pisang tanduk hingga pisang kepok goreng. Nah, untuk mendoan, juga banyak sekali variasinya. Dari tempe mendoan biasa, hingga dijadikan wrap berisi keju mozzarella sampai diolah seperti sushi.

daftar street food Indonesia yang populer di dunia
Ilustrasi daftar street food Indonesia yang populer di dunia (iStockphoto)

2. Siomay

Siomay termasuk dumpling dengan bahan ikan dan tepung serta telur. Biasanya disajikan dengan pendamping yang diolah dengan dikukus, seperti kubis, kentang, pare, telur, dan tahu. Setelah matang dikukus, biasanya dipotong-potong dan tentu saja dimandikan saus kacang. Untuk condiment ditambahkan jeruk purut serta sambal cabai pedasnya sesuai selera. Kalau suka, bisa juga ditambahkan kecap manis.

3. Pempek

Bahannya mirip dengan siomay, yaitu tepung ikan. Tetapi cara mengolah dan pendamping street food terbaik di dunia ini, berbeda. Kalau pempek disajikan dengan sisa kesan segar karena cuko dengan citarasa manis dan asam serta acar timur. Rasa gurih berpendar karena setelah dikukus, pempek akan digoreng sebetar. Ini juga menghasilkan tekstur kering di luar dan lembut bagian dalam. Variasinya cukup banyak, tetapi yang populer ada pempek lenjer, adaan, lenggang, kapal selam, dan lainnya.

daftar street food Indonesia yang populer di dunia
Ilustrasi daftar street food Indonesia yang populer di dunia (iStockphoto)

4. Batagor

Batagor salah satu makanan ringan yang paling terkenal di Indonesia. Pangsit ikan yang digoreng dan disajikan bersama tahu goreng dilumuri saus kacang disertai acar ini, memiliki tekstur serta rasa yang unik. Ada rasa gurih beraroma ikan dan kaya protein. Batagor, juga mudah dibeli dan ditemukan di sudut-sudut kota pedagang kaki lima. Banyak pula restoran Indonesia yang menyediakan menu batagor.

5. Sate Padang dan Rendang

Sate padang dan rendang sama-sama lahir dari tanah Minang. Keduanya, berbahan daging sapi serta jerohan. Keduanya, juga sama-sama menyimpan rasa rempah yang kaya. Dalam sate padang, daging dipotong dan ditusuk lidi lalu dipanggang. Kemudian setelah matang disajikan dengan kuah kental yang gurih berwarna kuning cerah atau merah. Untuk rendang membutuhkan waktu, kesabaran, serta ketelatenan dalam mengolahnya. Pasalnya, proses memasaknya lama supaya menghasilkan rasa dan konsistensi sempurna. Nah, kedua makanan street food yang populer di dunia ini, bisa dibeli di warung nasi padang.

daftar street food Indonesia yang populer di dunia
Ilustrasi daftar street food Indonesia yang populer di dunia (iStockphoto)

6. Sate ayam dan sate kambing

Kalau Anda melintas jalan dan mencium aroma gurih, manis, dan legit, mungkin itu adalah sate. Baik sate ayam maupun sate kambing, termasuk street food terbaik dan populer di dunia. Daging ayam maupun daging kambing yang potong seruas jari lalu dipanggang di atas bara api ini, memiliki banyak varian saus. Kalau sate ayam memakai saus kacang, sedangkan sate kambing memakai saus kecap sedikit ulekan kacang dan irisan bawang merah sebagai condiment.

7. Bubur ayam

Bubur ayam paling mantab dijadikan menu sarapan. Pasalnya, selain termasuk street food terbaik dunia, juga comfort food yang menenangkan perut. Bubur terbuat dari beras, baik beras putih maupun beras merah. Kuah gurih dihidangkan terpisah lalu dilengkapi toping menggunung. Diantaranya suwiran daging ayam, kedelai goreng, cakue dipotong kecil, seledri, daun bawang, dan bawang merah goreng serta kerupuk udang.

8. Nasi Uduk

Terdapat banyak sekali variasi nasi uduk di Indonesia. Mulai dari dihidangkan seperti nasi campur dengan lauk-pauk lebih dari tiga jenis. Hingga dihidangkan bersama lalapan dan lauk ayam goreng atau ikan goreng dengan berbagai pilihan sambal. Nasi uduk, dimasak dari beras putih dengan santan, serai, cengkeh, daun salam, dan kayu manis. Proses tersebut menghasilkan nasi yang pulen dan harum. Lauk-pauk pelengkap hidangan berupa daging semur, bihun, telur, kering tempe atau tahu, ikan teri goreng, dan kerupuk.

Itulah daftar street food Indonesia yang populer di dunia. Dari makanan di atas, mana yang paling masuk dengan selera Anda?