10 Makanan Khas Betawi yang ada di <i>Street Food</i>, dari Kerak Telor hingga Bir Pletok
Ilustrasi makanan khas Betawi yang ada di street food (Foto IST)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Dalam artikel ini akan dibahas 10 makanan khas Betawi yang ada di street food, mulai dari kerak telor, soto Betawi, hingga bir pletok.

Street food merupakan makanan yang disajikan dan dijual di jalanan, kaki lima, atau area publik. Di street food, Anda dapat dengan mudah menemukan aneka kuliner dari berbagai daerah yang lezat dan unik, termasuk makanan khas Betawi.

Lantas, apa saja makanan khas Betawi yang ada di street food? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

10 Makanan Khas Betawi yang ada di Street Food

Dirangkum dari berbagai sumber, Minggu, 25 Februari 2024, berikut 10 makanan khas Betawi di street food yang perlu Anda ketahui.

1. Kerak telor

Kerak telor adalah makanan khas Betawi sangat populer. Saking terkenalnya, makanan ini sempat masuk dalam kategori street food terenak se-Asia versi CNN.

Kerak telor terbuat dari bahan-bahan makanan seperti beras ketan putih, telur ayam atau bebek, ebi yang disangrai kering sampai menjadi serundeng, lalu ditambahkan bawang goreng, kemudian diberi bumbu halus seperti kelapa sangrai dan lainnya.

Yang menarik dari kerak telor adalah proses pembuatannya. Telur dimasak ketika setengah matang akan dibalik wajannya menghadap panas arang dari anglo lalu dibiarkan seperti itu sampai menjadi kerak. Kerak telor memiiki rasa yang gurih dan legit.

2. Soto Betawi

Soto Betawi merupakan soto dengan kuah santan yang isinya berupa daging sapi beserta jeroan.

Kuliner khas Betawi yang satu ini sangat populer di kalangan pecinta street food. Penggemarnya tidak hanya orang Jakarta, Masyarakat lain di berbagai daerah di Indonesia juga suka menyantap Soto Betawi lantaran memiliki cita rasa gurih yang berbeda dengan soto lainnya.

3. Asinan Betawi

Makanan khas Betawi yang satu ini terbuat dari campuran sawi, kol, tauge, tahu putih, dan selada yang ditaburi dengan kacang tanah Goreng.

Asinan Betawi dapat dengan mudah ditemukan di street food, terutama di kawasan Jakarta.

4. Kue cucur

Kue cucur termasuk kuliner tradisional khas Betawi yang dijual di street food. Kue cucur memiliki rasa yang manis, bertekstur lembut di bagian tengah, serta renyah di bagian pinggirnya.

5. Putu mayang

Berikutnya ada putu mayang. Ini adalah kue tradisional khas Betawi yang terbuat dari tepung kanji atau beras berbentuk seperti mie, dengan campuran santan kelapa lalu disajikan dengan kinca atau gula jawa cair. Di street food, kue putu mayang diberi warna-warni untuk menarik minat pembeli.

6. kue rangi

kue rangi merupakan salah satu kue tradisonal Betawi yang sering dijumpai di street food.

Kue ini terbuat dari campuran kelapa parut dan tepung sagu. Kue rangi disajikan dengan saus gula merah yang menjadi kental dengan campuran sagu.

7. kue talam

kue talam adalah salah satu jajanan tradisional Betawi yang mudah ditemukan di mana saja. Bahan baku utamanya adalah tepung, baik itu tepung beras, tepung tapioka, tepung terigu, maupun tepung sagu.

8. Nasi uduk Betawi

Kuliner khas Betawi lainnya yakni nasi uduk. Makanan ini juga cukup terkenal di kalangan pecinta street food.

Hidangan ini memiliki rasa yang gurih dan memiliki aromanya tersendiri. Nasi uduk Betawi biasanya dihidangkan dengan taburan bawang goreng, dengan laik seperti ayam goreng, sambal dan pelengkap lainnya beserta daun kemangi.

9. Es goyang

Es goyang adalah jajanan tradisional khas Betawi yang dijual oleh pedagang kaki lima di pinggir jalan.

Es goyang terbuat dari santan kelapa, gula pasir, perasa, dan tepung hunkue (tepung yang terbuat dari tumbukan kacang hijau).

Es goyang yang ditawarkan di street food memiliki banyak varian rasa, mulai dari alpukat, durian, hingga coklat.

10. Bir pletok

Bir pletok adalah minuman khas Betawi yang sangat terkenal. Bir pletok terbuat dari rempah-rempah khas Indonesia dengan campuran jahe, daun pandan wangi serta serai.

Demikian informasi tentang makanan khas Betawi yang ada di street food. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.