Takjil Murah di Kampung Ramadan Betawi, Harga Kaki Lima di Hotel Bintang Lima
Kerak Telor, makanan khas betawi yang menjadi menu buka puasa/ Foto: IST

Bagikan:

TANGERANG - Bulan Ramadan adalah bulan yang paling ditunggu masyarakat, terutama umat muslim. Seluruh umat muslim akan menajalani ibadah puasa selama 30 hari ke depan.

Menariknya, selama bulan suci Ramadan, berbagai makanan atau kudapan yang jarang ditemui muncul sebagai pelengkap momentum tersebut. Tak tertinggal menu takjil yang tentunya paling di cari masyarakat.

Sejumlah tempat yang menjual menu takjil pun tersedia, mulai dari yang paling murah, sampai yang cukup mahal dengan dukungan suasana atau sajian yang mewah.

Namun, ada satu lokasi yang cukup berbeda. Di mana, takjil yang dijual murah, dengan tempat yang mewah tersaji di JHL Solitaire, Tangerang. Hotel bintang lima ini pun memasang konsep Kampung Ramadan Betawi yang menjual makanan mulai dari Rp20 ribu dan minuman mulai dari Rp10 ribu.

Manager F&B, Rian mengatakan, konsep tersebut sengaja diusung oleh pengelola untuk mematahkan stigma harga mahal di hotel bintang lima.

"Kita usung konsep yang berbeda. Di mana, kita sediakan makanan dan minuman mulai Rp10 dan Rp 25 ribu, apalagi temanya kampung betawi yang tentunya kita siapkan makanan khas nusantara," katanya, Sabtu, 25 Maret 2023.

Meski dengan harga yang cukup terjangkau, pihaknya tetap menyajikan makanan cukup menggunggah selera. Sebab, pihaknya menggandeng salah satu chef ternama, yakni Chef Degan yang juga menyajikan makanannya dengan harga yang murah.

Chef Degan mengatakan, konsep tersebut sangat menarik agar masyarakat bisa merasakan nuansa yang beda di berbuka puasa tahun ini. Di mana, makanan minuman murah, dengan konsep dan lokasi hotel bintang lima.

"Dulu konsep seperti ini ada di Singapura, itu dulu sekali. Sekarang ada di sini, tentunya saya tertarik untuk gabung. Dan untuk di konsep ini, saya hidangkan beberapa makanan yang saya buat sendiri, seperti Ayam Pandan, Lontong Sayur, Iga Sapi Bumbu Ketumbar dan ada beberapa lagi," ujarnya.

Makanan itu pun tersedia di Warung Chef Degan pada lokasi Kampung Ramadan Betawi itu. Dan untuk mencicipi atau menikmati makanan chef ternama tersebut, setiap pengunjung hanya perlu mengeluarkan biaya mulai dari Rp25 ribu sampai Rp60 ribu per posi.

"Sesuai tema dan konsep, tentunya tidak mahal, masyarakat bisa menikmatinya," ujarnya.

Selain warung Chef Degan, ada beberapa menu lainnya yang memang dipatok dengan harga yang terjangkau, seperti nasi goreng kampung, es campur yang disertai dengan berbagai buah seperti leci dan longan, lalu selendang mayang, kebab dan nasi mandhi, sate, kerak telor, dan lain-lain.

Hingga nantinya, sebagai pendukung konsep Kampung Betawi, dihadirkan juga grup musik khas betawi yakni Tandjidor dan juga ondel-ondel.

Untuk bisa mencicipi makanan dan minuman murah meriah bersama dengan keluarga, masyarakat bisa langsung mengunjungi lokasi hotel dikawasan Gading Serpong, Tangerang.