Bagikan:

YOGYAKARTA – Telur termasuk bahan makanan yang bisa disimpan lebih lama dan harga lebih terjangkau dibandingkan daging sapi, misalnya. Namun olahan telur untuk berbuka dan sahur, harus variatif supaya tidak bosan. Untuk itu, Anda bisa cek variasi olahan telur berikut ini.

1. Telur dadar terong

Telur dadar terong, terkenal di Filipina, disebut tortang talong. Dibuat dari terong hijau yang dipanggang lalu dipipihkan dan dicelupkan dalam adonan telur. Kemudian digoreng sebentar sehingga menyerupai telur dadar yang renyah. Anda bisa menambahkan isian telur dadar selain terong. Misalnya menambahkan dengan daging giling, sayuran, bahkan menambahkan tomat.

olahan telur untuk berbuka dan sahur
Ilustrasi variasi olahan telur agar tidak bosan (Sumber: TasteAtlas)

2. Telur balado

Berbeda dengan olahan telur di atas, telur balado tentu Anda kenal betul dengan menu ini. Hidangan ini populer sikali di Indonesia. Telur direbus lalu digoreng bersama sambal pedas ini memiliki rasa yang kompleks. Mulai dari gurih, pedas, sedikit asam dari tomat, dan manis.

Telur balado berbumbu cabai merah giling, bawang merah, bawang  bombay, bawang putih, tomat, asam jawa, gula pasir, garam, dan daun jeruk serta serai. Artinya selain rasa pedas, tetapi juga beraroma rempah.

olahan telur untuk berbuka dan sahur
Ilustrasi variasi olahan telur agar tidak bosan (Freepik/Sri Widowati)

3. Kerak telor

Kerak telor ialah telur dadar tradisional Betawi yang biasanya disajikan sebagai camilan. Karena di dalam kerak telor ada beras ketan yang dimasak dengan telur ayam atau bebek. Dimasak dengan dipanggang, setelah matang ditaburi serundeng, udang kering, dan bawang merah goreng.

4. Semur telur

Berbeda dengan balado yang rasanya pedas dengan warna yang merah, semur telur berwarna kehitaman dengan rasa manis karena berbumbu kecap. Untuk memberikan aroma rempah, biasanya ditambahkan merica, pala, ketumbar, kemiri, lengkuas, dan daun salam.

5. Sup telur jagung

Olahan telur agar tak bosan, bisa diolah menjadi makanan berkuah. Seperti sup telur yang tidak hanya berisi telur, tetapi juga wortel, jagung manis, dan daging ayam. Soal rasa, selain gurih juga menyegarkan apalagi dihidangkan saat berbuka puasa.

6. Telur bumbu bali

Penting dicatat, sedikit berbeda antara telur balado dan telur bumbu bali. Telur bumbu bali ini, memakai bumbu base ganep atau bumbu lengkap khas Bali. Di antaranya cabai merah, bawang merah dan putih, asam jawa, kemiri, kecap manis, terasi, kencur, jahe, dan kayu manis.

7. Telur pindang

Pindang adalah masakan berwarna hitam dan berkuah. Warna hitam ini karena berbahan keluwak. Untuk telur pindang, banyak dikenal dan diolah oleh masyarakat Jawa Tengah. Bahan dari telur pindang, antara lain keluwak yang sudah dihaluskan, serai, bawang merah dan putih, lengkuas, daun jeruk, daun salam, terasi, cabai merah dah hijau.

Itulah ketujuh olahan makanan berbahan telur agar tidak bosan. Untuk berbuka dan sahur, Anda bisa mengolahnya dan mengikuti resep sesuai selera.