Bagikan:

YOGYAKARTA – Makanan khas Betawi di Jakarta yang melegenda sangat beragam, mulai dari kuliner rumahan hingga kudapan yang bisa dibawa sebagai oleh-oleh.

Perlu diketahui, Betawi merupakan sebuah suku yang berasal dari Jakarta. Kelompok etnik ini memiliki beragam sajian unik yang menjadi ikon kuliner kota Jakarta.

Bagi pecinta kuliner, mencicipi makanan khas Betawi di Jakarta adalah pengalaman yang tak terlupakan.

Lantas, apa saja makanan khas Betawi di Jakarta yang bisa dijadikan sebagai pilihan? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Makanan Khas Betawi di Jakarta

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa makanan khas Betawi yang wajib dicicipi saat berada di Jakarta.

  1. Soto Betawi

Soto Betawi menjadi hidangan yang paling mudah ditemui di Jakarta. Makanan ini berbahan dasar daging sapi atau jeroan yang dimasak dengan santan kental, menghasilkan kuah yang gurih dan lezat.

Rasa gurih dari kuah santan berpadu sempurna dengan potongan daging yang empuk, menjadikan Soto Betawi salah satu menu yang sangat diminati di Jakarta.

Biasanya, Soto Betawi disajikan dengan tambahan kentang goreng, tomat, dan taburan bawang goreng yang semakin menambah cita rasa.

  1. Kerak Telor

Kerak telor termasuk makanan khas Betawi di Jakarta yang perlu Anda cicipi. Kudapan ini terbuat dari campuran telur ayam atau telur bebek, beras ketan, ebi, dan bawang goreng yang dimasak dengan cara dipanggang.

Keunikan kerak telor terletak pada proses memasaknya yang menggunakan wajan datar, di mana wajan dibalik untuk mematangkan adonan. Rasanya gurih dan renyah, sangat cocok dinikmati sebagai camilan di sore hari.

  1. Dodol Betawi

 Dodol Betawi adalah camilan lezat khas suku Betawi. Dodol ini memiliki warna hitam kecokelatan dengan variasi rasa yang lebih sedikit ketimbang dodol dari daerah lain.

Dodol khas Betawi terbuat dari ketan, gula merah, gula pasir, dan santan yang dimasak di atas tungku dengan kayu bakar selama 8 jam.

Dodol Betawi termasuk jenis camilan tahan lama, sehingga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga atau kerabat yang ada di kampung.

  1. Asinan Betawi

Camilan yang satu ini juga tidak wajib dinikmati saat berada di Jakarta. Asinan khas Betawi berisi aneka ragam sayur mayur termasuk daun selada, tahu putih dan disiram kuah atau bumbu asinan yang agak masam dan segar.

Hidangan ini memberikan rasa asam, pedas, dan manis yang menyegarkan disetiap gigitannya.

  1. Laksa Betawi

Laksa Betawi adalah makanan berkuah santan yang kaya akan rempah. Berbeda dengan laksa dari daerah lain, Laksa Betawi memiliki kuah yang lebih kental dan gurih, berkat penggunaan santan dalam jumlah banyak.

Hidangan ini biasanya disajikan dengan potongan ketupat, tauge, dan suwiran ayam. Tidak lupa tambahan telur rebus dan taburan bawang goreng yang menambah cita rasa.

  1. Ketupat Babanci

Ketupat Babanci merupakan hidangan ikonik khas Betawi berupa seporsi ketupat yang disiram sayur Babanci. Ketupatnya terbuat dari beras ketan yang dimasak dalam daun kelapa kering.

Proses pemasakan dalam daun kelapa memberikan aroma khas dan kelembutan pada ketupat. Umumnya, hidangan ini disajikan dengan lauk seperti opor ayam, semur, atau rendang.

  1. Nasi Ulam

Nasi ulam adalah makanan yang mirip dengan nasi uduk. Hidangan ini terbuat dari nasi yang dicampur dengan berbagai bumbu dan rempah, khususnya daun pegagan.

Nasi ulam memiliki citarasa gurih yang berasal dari racikan semacam serundeng atau ulam dalam bahasa Betawi. Nasi ulam dapat dinikmati dengan lauk pauk lain seperti nasi uduk.

Demikian informasi tentang makanan khas Betawi di Jakarta. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.