Bagikan:

JAKARTA - Donald Trump dan Kamala Harris melakukan debat presiden pada Selasa, 10 September di Philadelphia. Debat ini menandai debat pertama sebelum pemilihan yang akan dilakukan pada 5 November mendatang.

Debat itu digelar tanpa audiens dan mikrofon para kandidat dimatikan ketika lawan mereka bicara. Donald Trump banyak merespons soal pernyataan Kamala Harris sementara Kamala membagikan rencananya untuk negara serta buka suara mengenai kritik yang ia terima selama kampanye.

Para selebritas Hollywood membagikan pendapat mereka setelah menyaksikan pendapat itu. Salah satunya, Mark Ruffalo yang membayangkan debat seperti pertandingan tinju.

“Sejujurnya, aku khawatir tentang debat ini tapi yang jelas Kamala tidak hanya punya visi untuk masa depan Amerika tapi dia juga lebih tenang dan lebih pintar dari Trump. Rasanya seperti menonton Muhammad Ali: dia memancingnya dan membiarkan dia emosi,” tulis Mark Ruffalo.

Aktor Mark Hamill menyebut Donald Trump sebagai “Pemarah, defensif, dan aneh” ketika berargumen dalam debat.

Lizzo mengunggah foto Kamala Harris yang terlihat kebingungan ketika Trump berbicara. Ia menulis, “Sama”

Ariana Grande membagikan foto Kamala Harris yang berkata, “D* T* dipecat oleh 81 juta orang.. Dia terlihat kesulitan menghadapinya.”

Jamie Lee Curtis juga membagikan foto meme Donald Trump yang menyebarkan misinformasi dalam pidato terbarunya.

Sebelumnya, Jack White dari The White Stripes menggugat Trumpa karena menggunakan lagu mereka dalam kampanye tanpa izin. Begitu juga dengan Spinal Tap dan Isaac Hayes. 

“Jangan pikir untuk menggunakan musik saya,” tulis Jack White.

ABBA, Beyonce, Celine Dion, dan Johnny Marr juga meminta Donald Trump untuk berhenti menggunakan lagu mereka untuk keperluan kampanye.

Salah satu yang mengejutkan adalah Taylor Swift yang buka suara atas dukungannya kepada Kamala Harris. Ia juga menyebut dirinya sebagai Childless Cat Lady setelah pasangan Trump, J.D. Vance memberi julukan kepada wanita yang tidak punya anak sebagai Childless Cat Lady.

“Saya sudah mendalaminya dan saya membuat pilihan saya. Kalian juga harus melakukannya dan itu pilihan kalian,” kata Taylor Swift.