Bagikan:

YOGYAKARTA – Menikmati peninggalan situs budaya dunia tidak hanya memandang candi yang indah. Anda bisa juga menikmati produk budaya masyarakat sekitar yang aktual saat ini. Seperti saat mengunjungi Candi Borobudur dan candi sekitarnya, Anda bisa menikmati kuliner khas olahan masyarakat. Saat Anda berlibur ke Borobudur, atau kawasan Magelang, Jawa Tengah, jangan sampai enggak ici-icip kuliner lezat berikut ini.

1. Mangut beong

Kalau di Yogyakarta populer dengan mangut lele, di Borobudur, Magelang terkenal dengan mangut beong. Ikan beong adalah ikan air tawar yang hidup di sekitar Sungai Progo. Sungai ini berhulu di empat gunung, yaitu Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merbabu, Gunung Merapi. Gunung ini juga bisa dilihat di salah satu destinasi wisata dekat Candi Borobudur, yaitu di Gereja Ayam Bukit Rhema.

Soal rasa, mangut beong dimasak dengan rempah, seperti jahe, serai, lengkuas, dan daun kemangi. Hasil rasa cukup unik, antara gurih, pedas, sedikit manis, dan aromatik.

kuliner lezat di sekitar candi borobudur
Ilustrasi kuliner lezat di sekitar candi Borobudur (Shutterstock)

2. Sego godog

Kalau mencari kuliner malam sekitar Borobudur, sego godog bisa jadi salah satu pilihan. Sego godog seperti mi rebus Jawa, tetapi memakai bahan isian utama nasi. Tentu saja hasil teksturnya bervariasi, karena isiannya diperkaya dengan telur, suwiran ayam, potongan kol, wortel, seledri, dan daun bawang. Ini juga termasuk salah satu comfort food yang bisa dinikmati malam yang berangin di sekitar kota Magelang. Soal kepedasan, bisa pesan sesuai selera.

3. Wedang kacang

Harus sedikit meluncur ke arah selatan menuju Yogyakarta, tepatnya di dekat pasar Muntilan, terdapat penjual wedang kacang yang legendaris. Wedang kacang ini tepat dijadikan makanan penutup saat malam hari. Terbuat dari kacang tanah yang direbus hingga empuk dan menghasilkan kuah yang nutty, hangat, dan aromatik karena memakai campuran jahe dan rempah khas lainnya.

kuliner lezat di sekitar candi borobudur
Ilustrasi kuliner lezat di sekitar candi Borobudur (Shutterstock)

4. Kupat tahu

Kupat tahu salah satu makanan yang populer di Magelang. Isiannya sangat bervariasi, mulai dari tahu goreng dipotong-potong, lontong atau ketupat, kubis diiris, daun seledri, kacang goreng, dan sausnya paling lezat terdiri dari campuran kacang tanah dan bumbu rempah yang menyedapkan. Hidangan ini paling cocok disantap saat siang hari.

5. Es Pleret

Es yang menyegarkan ini, berisi adonan tepung beras, seperti jenang sumsum. Tetapi dihidangkan dalam semangkuk bersama isian lainnya, seperti cendol. Kuahnya dari santan serta sirup. Rasanya manis, gurih, dan segar.

kuliner lezat di sekitar candi borobudur
Ilustrasi kuliner lezat di sekitar candi Borobudur (Shutterstock)

6. Sop Senerek

Sop Senerek termasuk kuliner lezat yang ditemukan di sekitar Borobudur. Kuliner Magelang ini, paling cocok untuk sarapan. Sop senerek adalah sop kacang merah dengan kuah bening. Isiannya wortel dan daging sapi atau tetalan. Biasanya cocok dimakan dengan nasi hangat lauk tahu serta tempe bacem.

7. Nasi Lesah

Saat berwisata ke Magelang, Anda tak boleh melewatkan icip-icip nasi lesah. Nasi lesah sekilas mirip dengan soto, tetapi warnanya sedikit pucat. Seperti kuah soto tetapi memakai santan, sehingga kuahnya lebih kental. Soal rasa, gurih dan segar serta aromatic dengan isian suwiran ayam, bihun, tauge, kubis, dan potongan seledri serta bawang merah goreng.

kuliner lezat di sekitar candi borobudur
Ilustrasi kuliner lezat di sekitar candi Borobudur (Shutterstock)

8. Opor enthok

Biasanya, opor memakai bahan isian ayam. Untuk yang khas dan lezat di Magelang, terdapat kuliner opor enthok. Jangan khawatir isiannya bertekstur ulet, enthok yang diolah dengan teknik pengolahan yang pas, membuat teksturnya lembut dan empuk.

9. Sego Megono

Di beberapa lokasi di Jawa Tengah, terdapat penjual kuliner khas, yaitu sego megono. Nasi campur tradisional ini, berisi nasi yang dimasak bersama nangka muda atau tewel. Dihidangkan hangat bersama urap sayur. Biasanya lauk berupa telur ceplok, ada pula ayam bacem atau tahu maupun tempe.

10. Nasi Magelangan

Salah saatu kuliner malam yang lezat di sekitar Borobudur, adalah magelangan. Berupa nasi dan mi yang digoreng dengan bumbu khas. Rasanya cukup kaya, ditambah irisan ayam kampung dan disajikan bersama kerupuk serta acar mentimun serta cabai hijau lalapan.

11. Buntil daun talas

Buntil dikenal sebagai hidangan sayur dengan isian parutan kelapa dan ikan. Buntil, biasanya sayuran dipakai wrap. Uniknya, buntil di Magelang terbuat dari daun talas muda sebagai ganti daun pepaya atau daun singkong.

Itulah kesebelas daftar kuliner lezat di sekitar Candi Borobudur. Adakah dari daftar di atas sudah Anda icipi? Selain makanan di atas, terdapat oleh-oleh berupa camilan yang khas, yaitu getuk tiga warna dan grubi dari ubi.