Mengenal 6 Penyebab Tenggorokan Kering dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi penyebab tenggorokan kering dan cara mengatasinya (Freepik/Racool_Studio)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Banyak faktor yang menyebabkan tenggorokan kering. Karena berkaitan dengan cara tepat dalam mengobatinya, maka penting dikenali pemicunya.

Tenggorokan kering bisa disebabkan elergi musiman. Kalau disebabkan oleh alergi ini, maka obat rumahan sering bisa diandalkan untuk mengurangi gejala. Selain karena musim, sebagain besar penyebabnya ialah hal ringan. Tetapi ada kemungkinan disebabkan oleh kondisi yang lebih serius. Berikut, penyebab tenggorokan kering dan obat rumahan yang bisa dilakukan.

1. Hayfever dan alergi lainnya

Hayfever diikuti demam sehingga menyebabkan tenggorokan kering. Alergi Hayfever, dialami sekitar 30-40 persen dari seluruh populasi yang dipicu oleh serbuk sari, rumput, tungau debu, bulu hewan peliharaan, dan makanan tertentu.

Obat alami yang bisa membantu meredakan dan menenangkan, antara lain jahe, bawang putih yang bersifat antihistamin dan anti oksidan, serta bawang yang mengandung quercetin. Kalau tak kunjung reda dengan pengobatan alami, melansir Medical News Today, Senin, 1 Mei, bisa mendapatkan resep obat anti histamin setelah periksa ke dokter.

penyebab tenggorokan kering dan cara mengatasinya
Ilustrasi penyebab tenggorokan kering dan cara mengatasinya (Freepik/benzoix)

2. Tidur dengan mulut terbuka

Bernapas melalui mulut saat tidur dapat disebabkan hidung tersumbat. Sehingga tenggorokan terasa kering karena air liur menguap, kering, dan membutuhkan penanganan. Supaya membantu pernapasan melalui hidung meski tersumbat karena pilek, bisa dengan dekongestan hidung, anti histamin, dan semprotan hidung kortikosteroid.

3. Dehidrasi

Satu-satunya cara menyembuhkan dehidrasi adalah dengan rehidrasi atau minum lebih banyak cairan. Dengan begitu, tenggorokan kering mereda, tidak merasa kelelahan, buang air kecil meningkat dengan warna lebih terang. Pada saat siang hari, Anda perlu mendapatkan cairan cukup agar tetap terhidrasi.

4. Pilek dan flu biasa

Penyebab tenggorokan kering selanjutnya karena pilek dan flu biasa. Perawatan yang bisa dilakukan di rumah, dengan minum banyak air mineral dan minum jus atau air lemon agar tetap terhidrasi. Selain itu, dapatkan cukup istirahat yang membantu tubuh pulih lebih cepat. Selanjutnya, bisa diringankan dengan berkumur air biasa atau air garam, menggunakan obat tetes dekongestan, dan menghirup udara lembap untuk meredakan hidung tersumbat serta sakit tenggorokan.

penyebab tenggorokan kering dan cara mengatasinya
Ilustrasi penyebab tenggorokan kering dan cara mengatasinya (Freepik/jcomp)

5. Refluks asam

Asam lambung yang naik, juga membuat tenggorokan terasa kering serta pahit keasaman. Perawatan medis dan gaya hidup perlu diperbaiki kalau Anda sering mengalaminya. Selain itu, obat seperti antasida mungkin membantu menetralkan asam lambung.

Terkait dengan gaya hidup, memengaruhi bagaimana Anda mempertahankan berat badan sehat. Pakar juga menyarankan untuk mengenakan pakaian longgar untuk mengurangi tekanan perut, makan porsi sedikit tetapi sering, hindari merokok, dan hindari konsumsi makanan pedas, berlemak, serta berkafein tinggi.

6. Radang tenggorokan

Tidak semua sakit tenggorokan karena radang. Tetapi kalau mengalami radang, Anda perlu periksa ke dokter karena membutuhkan resep pengobatan seperti antibiotik untuk mengobati radang tenggorokan karena infeksi bakteri. Gejala radang tenggorokan, antara lain amandel bengkak, demam,  pembengkakan kelenjar getah bening di leher, ruam, mual dan muntah, serta tubuh pegal-pegal.

Di atas merupakan enam penyebab tenggorokan kering dan rekomendasi untuk mengobatinya baik secara alami maupun harus dengan resep dokter. Namun, penting diketahui apabila mengalami kesulitan menelan, sesak napas, ruam kulit, nyeri dada, kelelahan ekstrim, diikuti dengan demam tinggi hingga 38,3 derajat Celcius, maka wajib segera periksa ke dokter.