Mengatasi Tenggorokan Kering Saat Puasa: Berikut Beberapa Caranya
Mengatasi Tenggorokan Kering Saat Puasa (Gambar Azerbaijan Stocker-Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Mengatasi tenggorokan kering saat puasa itu memang sangat perlu kalian ketahui. Soalnya, memang kasus seperti ini banyak dialami oleh kita kaum muslimin yang tengah berpuasa. Lantas apa solusinya? Yuk kia pelajari bersama!

Hal ini biasa terjadi karena kita melakukan perubahan kebiasaan dan pola makan yang dapat menimbulkan beberapa kondisi yang mengganggu kesehatan, salah satunya ialah tenggorokan kering.

Demi mengatasi situasi seperti ini yuk kita pelajari bagai mana caranya seperti yang sudah dibahas di bawah ini:

Cara-cara Mengatasi Tenggorokan Kering Saat Puasa

1. Berkumur Dengan Air Garam

Garam memiliki sifat anti-inflamasi yang sanggup menanggulangi sakit tenggorokan, sehingga dapat jadi opsi buat menanggulangi tenggorokan kering sehabis menempuh puasa seharian penuh.

Cukup masukkan garam seperlunya ke dalam air hangat, serta buat hasil yang optimal tambahkan madu ke dalam kombinasi tersebut.

Berkumurlah dengan larutan ini saat berbuka puasa ataupun saat sahur, buat menanggulangi kerongkongan ataupun tenggorokan yang kering bahkan bengkak.

2. Perbanyak Mengkonsumsi Vitamin C

Vitamin C yang didapat dari santapan serta minuman tertentu bisa membunuh kuman pemicu radang tenggorokan, dan tingkatkan daya tahan badan saat menempuh ibadah puasa.

Mengkonsumsi jeruk, jambu biji merah, kiwi, stroberi, anggur serta lain sebagainya saat berbuka puasa merupakan opsi yang pas buat penuhi kebutuhan Vit C saat puasa.

3. Minum Air Putih Dengan Cukup

Meski menempuh puasa, minum air putih sebanyak 8 gelas per hari merupakan sesuatu kewajiban.

Minum satu gelas tiap satu ataupun 2 jam sampai sahur supaya senantiasa terhidrasi sepanjang hari berikutnya, yang juga menolong mulut supaya tidak begitu kering saat berpuasa.

Mengkonsumsi air putih yang cukup bakal melindungi kandungan air yang dibutuhkan dalam mulut serta tenggorokan.

4. Mengunyah Permen Karet Bebas Gula

Dokter Nasser Al Malik, direktur Klinik Gigi Virginia di Dubai serta ketua Konferensi Gigi Internasional UEA serta Pameran Gigi Arab (AEEDC), menganjurkan pasiennya buat mengunyah permen karet bebas gula buat melindungi kebersihan mulut sehabis mengkonsumsi santapan serta minuman sepanjang puasa.

Perihal ini merupakan langkah buat senantiasa melindungi kebersihan gigi serta mulut, sehingga tenggorokan senantiasa terpelihara kesehatannya.

5. Mengkonsumsi Sup serta Mengurangi Gorengan

Walaupun gorengan nampak menggoda selaku takjil, ada baiknya bila kurangi mengkonsumsi minyak saat berpuasa.

Kebalikannya, memperbanyak mengkonsumsi masakan berkuah hangat buat melindungi kadar air tenggorokan.

Bila memungkinkan, konsumsi santapan berkuah dengan isi asam jawa.

Menurut riset, kandungan asam jawa bisa membunuh kuman dalam badan serta melawan infeksi yang berlangsung.

6. Istirahat Dengan Cukup

Langkah menanggulangi tenggorokan kering saat puasa yaitu dengan tidak lupa buat istirahat dengan cukup pada malam hari, ataupun tidur siang kurang lebih 30 menit.

Dengan istirahat maka bisa menolong badan dalam melawan penyakit ataupun virus pemicu tenggorokan ataupun tenggorokan yang terinfeksi tersebut.

Selain itu kalian juga perlu mengetahui penyebab “Tenggorokan Sakit karena Radang” agar bisa mengetahui cara mengobatinya.

Jadi setelah mengetahui mengatasi tenggorokan kering saat puasa, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!