Cara Mengembalikan Suara yang Hilang di Momen Penting Agar Cepat Pulih
Ilustrasi sakit tenggorokan (Freepik-Katemangostar)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kehilangan suara menjelang momen penting memang sangat menyebalkan. Suara memang jadi bagian penting dalam berkomunikasi. Sayangnya kadang suara bisa hilang karena radang. Lalu bagaimana cara mengembalikan suara yang hilang?

Cara Mengembalikan Suara yang Hilang

Seperti diketahui, hilangnya suara berkaitan dengan laring atau kotak suara ada di tenggorokan. Infeksi atau peradangan pada kotak suara bisa berdampak pada hilangnya suara. Pemicu infeksi dan peradangan pada kotak suara bisa beragam seperti terlalu banyak merokok, polusi udara, makanan yang tidak sehat, bahkan terlalu banyak teriak dan bernyanyi.

Peradangan pada laring atau laringtis biasanya terjadi selama 2 minggu. Selama itu suara akan serak, mengecil, hingga hilang. Kondisi tersebut bisa pulih dengan sendirinya. Namun untuk mempercepat penyembuhan, Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini.

  1. Jaga Makanan

Saat laring mengalami radang, Anda diharuskan menjaga makanan. Hindari makanan yang banyak mengandung minyak seperti gorengan atau junk food lain. Makanan tersebut berpotensi memperparah peradangan di laring sehingga proses penyembuhan bisa makin lama.

  1. Perbanyak Air Putih

Anda juga disarankan untuk mengonsumsi banyak air putih untuk mengembalikan suara yang hilang. Pilihlah air putih hangat untuk meredakan iritasi tenggorokan dan melembapkan saluran udara. Air putih hangat juga akan membantu mengencerkan lendir yang menyelimuti tenggorokan.

  1. Kumur dengan Air Hangat Dicampur Garam

Air hangat yang dicampur garam akan membantu menjaga kelembapan tenggorokan dan membunuh bakteri di area mulut yang menjadi penyebab infeksi. Lakukan kumur-kumur sehari 2 sampai 3 kali sehari setelah itu buang air tersebut ke luar.

  1. Konsumsi Permen Mint

Permen mint atau permen pelega tenggorokan membantu memperlancar tenggorokan. Cara ini secara tidak langsung membantu mengembalikan suara pulih lebih cepat. Permen ini bisa dibeli di swalayan atau di apotek terdekat.

  1. Istirahat Cukup

Dianjurkan untuk memperbanyak istirahat untuk mempercepat pemulihan suara. Kondisi badan yang kurang fit juga berpengaruh pada infeksi atau peradangan di tenggorokan. Hindar begadang dan rokok serta alkohol untuk sementara waktu.

Anda juga disarankan untuk mengistirahatkan suara. Hindari bersuara kencang atau berteriak agar peradangan tidak tambah parah. Selain berteriak, Anda juga dianjurkan tidak berbisik. Pasalnya aktivitas tersebut akan membebani pita suara, sehingga peradangan bisa makin parah jika terlalu sering berbisik.

  1. Minum Jahe Hangat

Jahe bisa menjadi antibakteri yang membantu memulihkan tenggorokan dari radang. Konsumsi air jahe hangat saat kehilangan suara. Selain diolah menjadi minuman, Anda bisa mengonsumsi makanan lain yang ditambah dengan jahe seperti sup jahe dan sebagainya.

  1. Berobat ke Dokter

Cara ini adalah cara paling tepat untuk mengatasi suara yang hilang. Biasanya dokter akan memberikan saran atau alternatif penyembuhan lain. Dokter juga bisa meresepkan kortikosteroid untuk mengatasi peradangan. Selain itu dokter juga akan menyarankan steroid jangka pendek. Harus dicatat bahwa saran ini hanya berlaku untuk dokter dan harus dengan resep.

Itulah informasi terkait cara mengembalikan suara yang hilang. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.